header pta Baru

Pembinaan Mental & Kultum 'Nikmat Indera Berupa Hati'

Written by Erf on . Posted in Berita Utama

Written by Erf on . Hits: 1614Posted in Berita Utama

Pembinaan Mental & Kultum: 'Nikmat Indera Berupa Hati'

Palangka Raya || Senin, 16 Oktober 2023

Seluruh aparatur PTA Palangka Raya melaksanakan kegiatan rutin Pembinaan Mental dan Kultum yang bertempat di Aula Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya. Acara dibuka oleh Elen Permana Dina Sukmasari, A.Md. selaku pembawa acara. Acara yang pertama yaitu pembacaan ayat suci Al-Qur'an surah Al-Qari'ah oleh PPNPN PTA Palangka Raya, Bapak Syam'ani. Acara dilanjutkan dengan kuliah tujuh menit yang disampaikan oleh Hakim Tinggi PTA Palangka Raya, Bapak Drs. H. Mashudi, M.H. dengan tema kultum kali ini Nikmat Indera Berupa Hati.

WhatsApp Image 2023-10-16 at 08.25.12.jpeg

Berapa banyak nikmat yang kita terima di dunia ini, adakah dari kita yang dapat menghitungnya? Jawabannya adalah tidak ada, kita tidak akan mampu menghitung nikmat Allah, tutur Drs. H. Mashudi, M.H. sesuai dengan firman Allah Subhanahuwata'ala dalam surah An-Nahl ayat 18; 

وَإِنْ تَعُدُّوا نِعْمَةَ اللَّهِ لَا تُحْصُوهَا إِنَّ اللَّهَ لَغَفُورٌ رَحِيمٌ

Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. An Nahl: 18).

Salah satu nikmat yang diberikan oleh Allah kepada umatnya yaitu Indera Berupa Hati.

أَلاَ وَإِنَّ فِى الْجَسَدِ مُضْغَةً إِذَا صَلَحَتْ صَلَحَ الْجَسَدُ كُلُّهُ ، وَإِذَا فَسَدَتْ فَسَدَ الْجَسَدُ كُلُّهُ . أَلاَ وَهِىَ الْقَلْبُ

Ingatlah bahwa di dalam jasad itu ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baik pula seluruh jasad. Jika ia rusak, maka rusak pula seluruh jasad. Ketahuilah bahwa ia adalah hati (jantung)” (HR. Bukhari no. 52 dan Muslim no. 1599).

Manusia dapat menjadi manusia yang sesungguhnya karena fungsi hati berjalan dengan baik. Jika hati baik, maka baiklah anggota badan yang lain. Jika hati rusak, maka rusak pula yang lainnya. Baiknya hati dengan memiliki rasa takut, rasa cinta pada Allah dan ikhlas dalam niat. Rusaknya hati adalah karena terjerumus dalam maksiat. Dari sekian banyaknya fungsi hati, Drs. H. Mashudi, M.Hmenjelaskan 2 fungsi hati yaitu Hati sebagai Ilmu Pengetahuan dan Hati sebagai Sarana Mencintai.

خَتَمَ ٱللَّهُ عَلَىٰ قُلُوبِهِمْ وَعَلَىٰ سَمْعِهِمْ ۖ وَعَلَىٰٓ أَبْصَٰرِهِمْ غِشَٰوَةٌ ۖ وَلَهُمْ عَذَابٌ عَظِيمٌ

Artinya: Allah telah mengunci-mati hati dan pendengaran mereka, dan penglihatan mereka ditutup. Dan bagi mereka siksa yang amat berat. (QS. Al Baqarah: 8).

WhatsApp Image 2023-10-16 at 08.25.11.jpeg

Karena mereka ingkar dengan menutup diri dari kebenaran, maka seakan Allah telah mengunci hati mereka dengan sekat yang tertutup rapat sehingga nasihat atau hidayah tersebut tidak bisa masuk ke dalam hati mereka, dan pendengaran mereka juga seakan terkunci, sehingga tidak mendengar kebenaran dari Allah. Demikian pula penglihatan mereka telah tertutup, sehingga tidak melihat tanda-tanda kekuasaan Allah yang dapat mengantarkan kepada keimanan, dan sebagai akibatnya, mereka akan mendapat azab yang berat. Oleh sebab itu, Allah memberikan indera berupa hati agar kita dapat membedakan hal yang buruk dan yang baik. Fungsi Hati yang kedua yaitu sebagai Sarana Mencintai. Maksud dari sarana mencintai dengan adanya cinta dalam hati kepada Allah maka dapat membuat kita terus mengingat Allah dan diharapkan dapat meningkatkan keimanan kita.


اِنَّمَا الْمُؤْمِنُوْنَ الَّذِيْنَ اِذَا ذُكِرَ اللّٰهُ وَجِلَتْ قُلُوْبُهُمْ وَاِذَا تُلِيَتْ عَلَيْهِمْ اٰيٰتُهٗ زَادَتْهُمْ اِيْمَانًا وَّعَلٰى رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُوْنَۙ

Sesungguhnya orang-orang yang beriman adalah mereka yang apabila disebut nama Allah gemetar hatinya, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya kepada mereka, bertambah (kuat) imannya dan hanya kepada Tuhan mereka bertawakal (QS. Al Anfal : 2)

WhatsApp Image 2023-10-16 at 08.25.13 (1).jpeg

Acara selanjutnya yaitu pembinaan dari Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya, Drs. H. Tarsi, S.H., M.H.I. terkait dengan kegiatan yang akan dilaksanakan di PTA Palangka Raya dalam minggu ini, yaitu :

  1. Perpisahan alih tugas Panitera dan Hakim Tinggi PTA Palangka Raya akan dilaksanakan pada
    tanggal 17 Oktober 2023 pukul 13.00 s.d selesai. Sebelum acara perpisahan akan dilaksankan makan siang bersama di Aula Bawah PTA Palangka Raya.
  2. Diharapkan kepada sub bagian kepegawaian segera membuat surat undangan untuk Dr. H. Fauzan, S.H., M.M., M.H.  dan Ketua PTA Banjarmasin.
  3. Pembacaan susunan petugas acara perpisahan Panitera dan Hakim Tinggi.
  4. Spanduk untuk acara perpisahan harus dipastikan sudah selesai hari ini, kepada tim TI diharapkan untuk membuat powerpoint / CV dari Drs. Hairil Anwar, M.H. dan Dr. H. Fauzan, S.H., M.M., M.H.
  5. Kegiatan Bimbingan Teknis Kesekretariatan akan dilaksanakan pada tanggal 18 – 20 Oktober 2023. Diharapkan kepada seluruh panitia untuk memastikan kembali terkait jobdesk masing-masing.
  6. Pastikan teknis zoom meeting dengan narasumber tidak ada kendala.

Acara ditutup dengan ucapan perpisahan dari Drs. Hairil Anwar, M.H. yang dimutasi menjadi Panitera Pengadilan Tinggi Agama Banten. Akan selalu ada kata Selamat dalam setiap kata Selamat Tinggal. Selamat kepada Bapak Drs. Hairil Anwar, M.H. atas amanah baru yang diemban saat ini dan semoga makin sukses ditempat baru.Terima kasih telah menjadi orang yang luar biasa dan selalu menyebarkan energi positif kepada kami. (erf/adm)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media