logo pta6

DIFABEL

Written by Rezza on . Posted in DIFABEL

Written by Rezza on . Hits: 302Posted in DIFABEL

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Foto beranda sinata

SINATA merupakan akronim dari Sistem Layanan Disabilitas. Sinata merupakan inovasi dari Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya dalam mewujudkan komitmen untuk memberikan layanan prima bagi para pencari keadilan dengan menyediakan aksesbilitas kepada kelompok rentan khususnya penyandang disabilitas, di wilayah yuridiksi PTA Palangkaraya. Sinata dipilih karena selama ini pelayanan bagi penyandang disabilitas di institusi pemerintah, utamanya institusi peradilan dipandang masih belum terlihat nyata dan perlu disosialisasikan keberadaannya.

  •  Wujud Nilai Perlakuan yang Sama di Hadapan Hukum : Salah satu poin dari 8 Nilai Utama Mahkamah Agung adalah perlakuan yang sama di hadapan hukum. Hal ini berarti Mahkamah Agung yang dalam hal ini Pengadilan Tinggi Agama Palangkaraya berkewajiban untuk memberikan pelayanan ke seluruh lapisan masyarakat tanpa memandang suku, ras dan agama. Sinata  menggambarkan komitmen Pengadilan Tinggi Agama Palangkaraya untuk menyediakan pelayanan yang sama di depan hukum.

  • Implemetasi Nilai Dasar Berorientasi Pelayanan : Sesuai dengan Surat Edaran Menpan RB Nomor 20 Tahun 2021 tanggal 26 Agustus 2021 tentang Implementasi Core Values dan Employer Branding ASN, yakni BerAKHLAK dan Bangga Melayani Bangsa, #sahabat_kita menjadi implementasi nilai dasar Berorientasi Pelayanan dengan panduan perilaku (kode etik) memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat

  • Bentuk Semangat bagi Kelompok Disabilitas : Selama ini, kelompok disabilitas masih mendapatkan stigma yang negatif di mata masyarakat karena dianggap sebagai individu yang berbeda. Penyebutan kata disabilitas, meski telah berlaku secara umum, dianggap kurang nyaman bagi penyandangnya. DIsabilitas merupakan turunan dari Bahasa Inggris dis-ability yang secara harfiah berarti ketidakmampuan.

 

 

  • Brosur
  • Diagram Alur
  • Foto Sarpras
  • Kartu Prioritas
  • Video

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 tahun 2016 Pasal 5 Ayat 1 tentang Hak Penyandang Disabilitas disebutkan bahwa penyandang disabilitas memiliki hak berekspresi, berkomunikasi dan memperoleh informasi. Pengadilan Tinggi Agama Palangkaraya menyediakan e-brosur tentang sarana dan prasarana yang terdapat pada Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya untuk memudahkan pencari keadilan mengakses informasi secara online.

1

 

2

Read More

Diagram alur antrian prioritas diperuntukan bagi para pencari keadilan khususnya penyandang disabilitas yang dilengkapi dengan video bahasa isyarat, agar penyandang disabilitas bisa lebih mudah memahami alur pelayanan PTSP di Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya. Hal ini salah satu wujud komitmen Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya terhadap Surat Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor : 2078/DjA/HK.00/SK/8/2022 tentang Pedoman Pelaksanaan Pelayanan Ramah Penyandang Disabilitas di Pengadilan dalam Lingkungan  Peradilan Agama

Diagram alur

 

Read More

TUNTAS merupakan akronim dari Kartu Layanan Prioritas Peyandang Disabilitas. Kartu ini diperuntukkan bagi para pencari keadilan khususnya penyandang disabilitas yang datang ke Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya agar mendapatkan layanan dengan antrian khusus. Bagi penyandang disabilitas yang datang ke Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya tanpa  pendamping, akan didampingi oleh petugas dimulai dari pengguna datang ke kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya hingga pelayanan selesai diberikan.

IDCard 1IDCard 2IDCard 3IDCard 4

 

SAVE 20221025 140811

Read More

  • Prosedur Berperkara Difabel
  • Alur Layanan Prioritas
  • Prosedur Pengaduan

Read More

Read More

Read More

Read More

 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media