header pta Baru

Pembinaan Online PTA Palangkaraya Secara Live Virtual Seputar Teknik Penyusunan Putusan

Written by Hair Rullah on . Posted in Sukamara

Written by Hair Rullah on . Hits: 353Posted in Sukamara

Pembinaan Online PTA Palangkaraya Secara Live Virtual Seputar Teknik Penyusunan Putusan

Sukamara, Jumat (29/10/2021) Pengadilan Agama Sukamara melaksanakan kegiatan pembinaan yang dilakukan secara live virtual oleh Pengadilan Tinggi Agama (PTA) Palangkaraya bertempat di ruang Media Center Pengadilan Agama Sukamara. Kegiatan bertajuk LANPION (Inovasi Pelayanan Pembinaan Online) PTA Palangkaraya ini diikuti oleh Ketua, Wakil Ketua, Hakim, dan Panitera.

Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Surat Edaran Panitera PTA Palangkaraya Nomor W16-A/1285/HM.00/IX/2021 tentang Daftar Narasumber dan Jadwal Pembinaan PTA Palangkaraya Tahun 2021 tertanggal 1 September 2021. Seperti biasa kegiatan ini dilaksanakan secara rutin setiap minggu pada hari Jumat siang yang diisi oleh Pimpinan dan Para Hakim Tinggi di lingkungan PTA Palangkaraya.

Bertindak sebagai narasumber pada siang ini Hakim Tinggi PTA Palangkaraya atas nama H. A. Rif’an, S.H., M.Hum. secara terperinci memaparkan materi tentang Teknik Penyusunan Putusan. Diawali dengan pengantar materi, kemudian dilanjutkan dengan pembahasan putusan yang merupakan mahkota hakim dan eksekusi yang merupakan mahkota Pengadilan. Dalam penyampaiannya beliau mengatakan bahwa dalam penyusunan duduk perkara harus jeli dalam menggali fakta dalam persidangan, usahakan sedetailnya dan selengkap-lengkapnya. Kemudian di bagian pertimbangan hukum hakim harus jeli menangkap fakta yang disepakati, dibantah, dan diperdebatkan oleh para pihak, dengan kolaborasi penilaian alat bukti serta di kombinasikan dengan aturan hukum, guna memberikan landasan bagi penyusunan amar.

Selain itu, H. A. Rif’an, S.H., M.Hum juga menegaskan bahwa isi dari pertimbangan hukum suatu putusan adalah cermin bagi mahkota hakim dan integritas hakim. Sehingga, dalam membuat putusan harus benar-benar hati-hati dan teliti. (red pa skr/ad)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media