header pta Baru

Rapat Pembinaan dan Evaluasi Pengadilan Agama Sukamara Bulan Oktober 2021

Written by Hair Rullah on . Posted in Sukamara

Written by Hair Rullah on . Hits: 349Posted in Sukamara

Rapat Pembinaan dan Evaluasi Pengadilan Agama Sukamara Bulan Oktober 2021

Sukamara, Senin (25/10/2021) Pengadilan Agama Sukamara kembali melaksanakan kegiatan rapat pembinaan dan evaluasi bulan Oktober 2021 bertempat di ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Sukamara. Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Surat Undangan Ketua PA Sukamara  Nomor W16-A8/803/OT.01.1/X/2021 tanggal 21 Oktober 2021 tentang Undangan Rapat Korrdinasi, Evaluasi, dan Pembinaan. Pada kegiatan rapat kali ini dihadiri seluruh jajaran baik pejabat maupun pegawai di lingkungan Pengadilan Agama Sukamara.

Kegiatan rapat kali ini berbeda tidak seperti biasanya, karena nanti di akhir sesi dilakukan kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pengadilan Agama Sukamara yang ke-3 tahun. Rapat dimulai sekitar pukul 09.00 Wib, dibuka oleh Sekretaris PA Sukamara selaku moderator acara, lalu dilanjutkan pembinaan dan evaluasi oleh Ketua PA Sukamara, Wakil Ketua PA Sukamara, dan Panitera PA Sukamara. Dalam sambutannya sekaligus pembinaan Ketua PA Sukamara, Abdul Rahman, S.Ag. membahas perihal progress pendaftaran perkara e-Court pengguna lain yang telah daftar di Pengadilan Agama Sukamara selama tahun 2021 ini. Dimana jumlahnya masih tidak terlalu banyak, hal ini disebakan tingkat pendidikan dan pemahaman masyarakat pencari keadilan di Pengadilan Agama Sukamara belum maksimal dalam penguasaan teknologi informasi dan komunikasi. Sehingga ini perlu menjadi pelajaran, agar petugas PTSP PA SUkamara lebih giat lagi dalam mensosialisasikan pendaftaran perkara melalui e-Court.

Kemudian, Wakil Ketua PA Sukamara menambahkan mengenai progress kenaikan nilai SIPP Pengadilan Agama Sukamara yang terus naik beberapa minggu ini. Tentunya hasil ini tidak terlepas dari peran-peran masing-masing pihak baik majelis hakim maupun panitera pengganti dan jurusita pengganti dalam rangka mempercepat proses penyelesaikan perkara. Namun, tetap dalam koridor aturan main hukum acara yang baik. 

Pada sesi berikutnya, Panitera PA Sukamara menyampaikan pembinaan perihal aplikasi baru yang telah diterapkan di Pengadilan Agama lain di wilayah PTA Palangkarayam, agar tim IT bisa mempelajari formatnya, kemudian membuat aplikasi sendiri sesuai dengan kebijakan di Pengadilan Agama Sukamara. 

Setelah cukup dilakukan tanya jawab dan diakhiri dengan penutupan oleh moderator dan acara dilanjutkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) PA Sukamara yang ke-3. (red pa skr/ad)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media