header pta Baru

DISKUSI HUKUM PA SUKAMARA BAHAS ASPEK HUKUM MERGER BANK SYARIAH

Written by Edi on . Posted in Sukamara

Written by Edi on . Hits: 505Posted in Sukamara

DISKUSI HUKUM PA SUKAMARA BAHAS ASPEK HUKUM MERGER BANK SYARIAH 

Sukamara, Senin (03/05/2021) Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Panitera, dan Panitera Muda Gugatan melaksanakan kegiatan diskusi hukum di ruang Ketua Pengadilan Agama Sukamara. Diskusi hukum kali ini dibawakan langsung oleh Wakil Ketua PA Sukamara, Ahmad Satiri, S.Ag., M.H. dengan tema “Aspek Hukum Merger Bank Syariah dalam Perspektif Teori Akad Syariah”.

Diawali dengan pembukaan oleh moderator yang langsung dikomandoi oleh Ketua PA Sukamara, Abdul Rahman, S.Ag. lalu dilanjutkan dengan sesi penyampaian materi oleh pamateri dengan singkat dan jelas yang membahas secara garis besar dalam materi yang telah dibagikan via digital kepada peserta diskusi hukum. Tema yang dibawa ini sangat menarik sehingga peserta diskusi antusias dalam memberikan pertanyaan kepada Pemateri.

Salah satunya, Erik Aswandi, S.H.I. Hakim senior di Pengadilan Agama Sukamara menanyakan terkait relevansi Bank Syariah di masa sekarang dan Teori akad Bank Syariah sudah sesuaikah dengan konsep dalam Hukum Islam. Lalu dijawab oleh pemateri, dibuka dengan aspek hukum merger bank Syariah terlebih dahulu, lalu dilanjutkan dengan jawaban akibat hukum akad yang dibuat saat bank belum demerger. Pemateri juga menjelaskan perbedaan definisi merger dan peleburan. Yang dimaksud merger adalah penggabungan, maknanya bank yang di merger tersebut masing-masing tidak mempengaruhi akad yang dibuat sebelum bank demerger. Sedangkan jika menggunakan istilah peleburan, maka semuanya baik akad dan sistem dalam bank yang dilebur itu menjadi satu kesatuan baik sebelumnya maupun sesudahnya. 

Dalam closing statementnya pemateri memberikan anjuran bahwa Bank Syariah adalah salah satu cara bagi kita umat Islam untuk kembali kepada konsep yang sesuai dengan Syariah dalam bermuamalah. (pa skr/ad)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media