header pta Baru

KETUA PENGADILAN TINGGI AGAMA PALANGKARAYA APRESIASI KINERJA PENGADILAN AGAMA SUKAMARA SAAT KEGIATAN PEMBINAAN DAN PENGAWASAN

Written by Edi on . Posted in Sukamara

Written by Edi on . Hits: 1020Posted in Sukamara

KETUA PENGADILAN TINGGI AGAMA PALANGKARAYA APRESIASI KINERJA PENGADILAN AGAMA SUKAMARA SAAT KEGIATAN PEMBINAAN DAN PENGAWASAN 

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palangkaraya beserta tim melaksanakan Pembinaan dan Pengawasan di Pengadilan Agama Sukamara (Kamis, 16/7/2020). Pembinaan dan pengawasan tersebut dalam rangka melakukan pengawasan terkait kinerja tugas pokok fungsi aparatur satuan kerja maupun pelayanan masyarakat pada satuan kerja. Dalam pengawasan kali ini dipimpin langsung oleh Ketua PTA Palangkaraya, Dr. H. Samparaja, S.H.,M.H., Ditambah ada beberapa anggota tim yang terdiri dari Hakim Tinggi Binwasda (Pembina dan Pengawas Daerah), unsur Kepaniteraan, dan unsur Kesekretariatan pada Pengadilan Tinggi Agama Palangkaraya.

Tim yang datang pertama kali yaitu Hakim Tingi Binwasda, Drs. H. Moh. Mujib, M.H. ditambah unsur Kepaniteraan dan Kesekretariatan. Tim tersebut datang lebih awal karena akan melakukan tugas pengawasan terlebih dahulu di Pengedilan Agama Sukamara. Kedatangan tim tersebut disambut oleh Wakil Ketua PA Sukamara, Abdul Rahman, S.Ag, Hakim, Panitera, dan Sekretaris beserta jajaran pegawai baik fungsional maupun struktural. Kegiatan Pengawasan dimulai sekitar pukul 08.00 Wib. Hakim Tinggi Binwasda pertama kali langsung menuju ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pengadilan Agama Sukamara. Setelah cukup memberikan pembinaan dan pengawasan dilanjutkan dengan meninjau ruang mediasi, lalu ruang sidang, ruang arsip. 

Peninjauan berlanjut pada kebersihan dan kerapian setiap ruang pejabat maupun pegawai, diawali dengan ruang kepaniteraan (Panmud Hukum, Jurusita, dan Staf), lalu menuju ruang Hakim untuk memantau. Setelah cukup Hakim Tinggi Binwasda masuk ke ruang IT untuk mengawasi ke dalam ruangan. Kemudian melanjutkan pengawasan pada ruang petugas ruang sidang, command center, ruang tunggu, dan berlanjut ke ruang laktasi dan ruang bermain anak.

Sementara unsur Kepaniteraan PTA melakukan pengawasan di ruang Panitera lalu ke ruang Panmud hingga Jurusita. Unsur Kesekretariatan melakukan pengawasan di ruang Sekretaris dan ruang Kasubbag. Baik, unsur Kepaniteraan maupun Kesekretariatan masing-masing mengawasi terkait kinerja pegawai  sesuai tugas pokok dan fungsinya masing-masing. 

Sekitar pukul 10.00 barulah Ketua PTA Palangkaraya beserta istri datang di Pengadilan Agama Sukamara. Kedatangan Ketua PTA Palangkaraya ini langsung disambut oleh Wakil Ketua PA Sukamara beserta jajarannya. Setelah itu langsung menuju ruang Ketua PA Sukamara untuk melakukan pengawasan. Berlanjut mendatangi setiap bagian di kantor Pengadilan Agama Sukamara. Sekira pukul 12.00 rombongan dari PTA Palangkaraya menyelesaikan pembinaan dan pengawasan dan berlanjut untuk istirahat. 

Ekspose Pembinaan dan Pengawasan dilaksanakan pukul 13.30 Wib yang dipimpin oleh Ketua PTA Palangkaraya, Moderator Wakil Ketua PA Sukamara, dan Penyampaian hasil ekspose oleh Hakim Tinggi Binwasa, unsur Kepaniteraan, dan usur Kesekretariata PTA Palangkaraya. Selain penyampaian hasil ekspose tim dari PTA Palangkaraya juga memberikan rekomendasi untuk perbaikan beberapa hal yang perlu untuk diperbaiki. 

Secara umum, Hakim Tinggi Binwasda, Drs. Moh. Mujib, M.H. merasa bangga karena dengan usia yang baru dua tahun, Pengadilan Agama Sukamara secara administrasi kinerja sudah 80 persen kualitasnya. “Secara umum dengan usia yang baru dua tahunan berdiri PA Sukamara, sudah 80 persen lah bagus, dan tidak ada permasalahan yang besar dalam pengawasan hanya ada masalah-masalah kecil saja”, ungkap Hakim Tinggi mantan KPA Kabupaten Malang ini.

Dalam sesi selanjutnya, Ketua PTA Palangkaraya mengapresiasi atas kinerja dan pelayanan Pengadilan Agama Sukamara, “Menambahkan, apa yang sudah disampaikan oleh Hatibinwasda tadi saya turut mengapresiasi juga baik kinerja maupun pelayanan di PA Sukamara, secara garis besar sudah baik di usia yang baru ini,” ungkap Ketua PTA Palangkaraya asal Sulawesi Selatan ini. 

Dialog dan tanya jawab pun dibuka pada agenda selanjutnya berkaitan dengan pemrasalahan seputar perkara di Pegadilan Agama Sukamara, Dimana terlebih dahulu pertanyaan-pertanyaan tersebut disusun dalam daftar pertanyaan. Pertanyaan-pertanyaan tersebut merupakan hasil dari permasalahan-permasalahn hukum baik dari Hakim maupun kepaniteraan. Kemudian satu demi satu pertanyaan dijawab oleh Ketua PTA Palangkaraya dan Hakim Tinggi Binwasda. 

Setelah cukup dengan ekspose hasil dan diskusi pembinaan dan pengawasan oleh Ketua PTA Palangkaraya acara selesai dan diakhiri dengan sesi foto penyerahan hasil ekspose dan foto bersama dengan jajaran PA Sukamara dan tim Wasbin PTA Palangkaraya.(redaksi PA Skr) 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media