header pta Baru

Pembinaan dan Pengawasan oleh Hatibinwasda PTA Palangkaraya Di Pengadilan Agama Sukamara Semester I 2023

on . Posted in Sukamara

on . Hits: 122Posted in Sukamara

Pembinaan dan Pengawasan oleh Hatibinwasda PTA Palangkaraya Di Pengadilan Agama Sukamara Semester I 2023

binwasda Agt 2023

(Tim Hatibinwasda PTA Palangka Raya setelah ekspose menyerahkan laporan hasil pengawasan kepada Ketua PA Sukamara di ruang sidang utama, Kamis (10/08/2023))/doc pa skr

Sukamara, Kamis (10/08/2023) Pengadilan Agama Sukamara pada awal bulan Agustus ini kedatangan Tim Hatibinwasda PTA Palangka Raya. Kedatangan tim hatibinwasda ini dalam rangka kegiatan pembinaan dan pengawasan rutin pengadilan tingkat banding ke pengadilan tingkat pertama. Kegiatan yang bertemakan pembinaan dan pengawasan oleh hatibinwasda ini dilaksanakan berdasarkan Surat Tugas KPTA Palangka Raya.

Hadir dalam kegiatan pembinaan dan pengawasan tersebut, Sekretaris PTA Palangka Raya, Abdul Rivai, S.H.I. M.H., Hatibinwasda PTA Palangka Raya, Drs. H. Uu Abdul Haris, M.H., sebagai ketua tim, Kasubbag Keuangan dan Pelaporan PTA Palangka Raya, Rika Yunita Pratiwi, S.T,. sebagai anggota tim, dan Panitera Pengganti PTA Palangka Raya, Lisnawatie, S.H. sebagai anggota tim. Pagi ini sekitar pukul 10.15 Wib tim telah tiba di Kantor Pengadilan Agama Sukamara dan disambut oleh seluruh keluarga besar Pengadilan Agama Sukamara.

 binwasda Agt 2023 1

(Tim Hatibinwasda PTA Palangka Raya saat melakukan pembinaan dan pengawasan Hakim dan Panitera PA Sukamara, Rabu (09/08/2023))/doc pa skr

Dalam kegiatan pembinaan dan pengawasan ini ada beberapa hal yang akan dilakukan pembinaan dan pengawasan, diantaranya manajemen peradilan, administrasi perkara, administrasi persidangan, administrasi umum, dan kinerja pelayanan publik. Kedatangan tim ini setelah disambut langsung menuju ke ruang Ketua PA Sukamara untuk koordinasi mekanisme pembinaan dan pengawasan. Lalu dilanjutkan dengan kegiatan metode pengawasan yang meliputi pemeriksaan dokumen, wawancara, konfirmasi, observasi, dan pemeriksaan lapangan seperti stock opname dan cek fisik.

 binwasda Agt 2023 3

(Tim Hatibinwasda PTA Palangka Raya saat melakukan pembinaan dan pengawasan di bidang kepaniteraan PA Sukamara, Rabu (09/08/2023))/doc pa skr

Setelah menyelesaikan pembinaan dan pengawasan dan menyusun dokumen laporan pengawasan, Tim Hatibinwasda Pengadilan Tinggi Agama Palangkaraya kemudian melaksanakan ekspose hasil pengawasan dan pembinaan di ruang sidang utama Pengadilan Agama Sukamara pukul 13.00 Wib pada hari berikutnya Kamis (10/08/2023). Kegiatan ekspose ini merupakan bentuk presentasi atas hasil pengawasan tim hatibinwasda di Pengadilan Agama Sukamara pada periode Semester I tahun 2023 ini. Kegiatan dibuka oleh Ketua PA Sukamara, Ahmad Satiri, S.Ag., M.H. yang bertindak pula sebagai moderator acara tersebut. Lalu dilanjutkan oleh Hatibinwasda beserta tim untuk mempresentasikan hasil temuan pembinaan dan pengawasan.

Diawali dengan presentasi oleh Hatibinwasda, Drs.H. Uu Abdul Haris, M.H., sebagai ketua tim yang menyampaikan terkait manajemen peradilan dan administrasi persidangan, sekaligus menyampaikan hasil uji petik berkas perkara. Dalam penyampaiannya ketua tim menyampaikan beberapa temuan khususnya berkaitan dengan uji petik berkas perkara. Lalu dilanjutkan penyampaian oleh Rika Yunita Pratiwi, S.T. sebagai anggota tim, dalam penyampaiannya ada beberapa hal yang perlu diperbaiki dan ditindaklanjuti di bagian kesekretariatan termasuk Administrasi Umum dan Pelayanan Publik. Di akhir penyampaian oleh Lisnawatie, S.H. sebagai anggota tim, yang mengatakan perihal perbaikan dan tindak lanjut beberapa permasalahan di bidang administrasi perkara dan administrasi persidangan.

 binwasda Agt 2023 2

(Tim Hatibinwasda PTA Palangka Raya saat melakukan pembinaan dan pengawasan di bidang Kesekretariatan PA Sukamara, Rabu (09/08/2023))/doc pa skr

Setelah cukup penyampaian oleh tim binwasda PTA Palangka Raya, lalu dilanjutkan dengan penutupan oleh Ketua PA Sukamara dan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pengawasan oleh Tim Binwasda dan pimpinan Pengadilan Agama Sukamara. Lalu dilanjutkan dengan foto bersama serta penyerahan laporan hasil pengawasan kepada PA Sukamara untuk ditindaklanjuti sekaligus ditembuskan kepada Badan Peradilan Agama (Badilag). (red pa skr/ad)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media