header pta Baru

123. “BE GOOD PEOPLE”

Written by PA Sampit on . Posted in Sampit

Written by PA Sampit on . Hits: 296Posted in Sampit

 

(Kultum/Tausiah Hari Ketiga Ramadhan PA Sampit)

 

Sampit, 15 April 2021

Memasuki hari ketiga Ramadhan 1442 H, masih bertempat di ruang mushalla PA Sampit, para hakim dan aparatur Pengadilan Agama Sampit mengikuti taklim Ramadhan yang disampaikan langsung oleh Hakim Pengadilan Agama Sampit Barir Masna Af’idah, S.H.I. (C1).

Dalam tausiahnya istri dari pengusaha laundry tersebut mengajak diri dan jamaah sekalian bila kita bisa menjadi good people atau dalam hal ini orang yang bermanfaat bagi sesama, 

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

“Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya” (HR. Ahmad).”, ungkapnya.

Lebih lanjut ustadzah asal Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur ini juga menekankan, sesungguhnya bila kita berbuat baik kepada orang lain, manfaatnya akan kembali kepada kita. Bahkan pahalanya pun tidak main-main besarnya, seperti beriktikaf sebulan penuh di masjid Nabawi.

أَحَبُّ النَّاسِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ , وَأَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى سُرُورٌ تُدْخِلُهُ عَلَى مُسْلِمٍ , أَوْ تَكَشِفُ عَنْهُ كُرْبَةً , أَوْ تَقْضِي عَنْهُ دَيْنًا , أَوْ تَطْرُدُ عَنْهُ جُوعًا , وَلأَنْ أَمْشِيَ مَعَ أَخِ فِي حَاجَةٍ أَحَبُّ إِلَيَّ مِنْ أَنْ أَعْتَكِفَ فِي هَذَا الْمَسْجِدِ يَعْنِي مَسْجِدَ الْمَدِينَةِ شَهْرًا


“Manusia yang paling dicintai oleh Allah adalah yang paling memberikan manfaat bagi manusia. Adapun amalan yang paling dicintai oleh Allah adalah membuat muslim yang lain bahagia, mengangkat kesusahan dari orang lain, membayarkan utangnya atau menghilangkan rasa laparnya. Sungguh aku berjalan bersama saudaraku yang muslim untuk sebuah keperluan lebih aku cintai daripada beriktikaf di masjid ini—masjid Nabawi—selama sebulan penuh.” (H.R. Thabrani).

“Semoga kita semua tergolong menjadi orang-orang yang mau menolong dan bermanfaat bagi lainnya, “pungkasnya. (MK).

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media