header pta Baru

119. GOLDEN TIME (Kultum/Tausiah Hari Kedua PA Sampit)

Written by PA Sampit on . Posted in Sampit

Written by PA Sampit on . Hits: 253Posted in Sampit

Sampit, 14 April 2021

Pada hari kedua bulan Ramadhan, bertempat di ruang musholla, para hakim dan aparatur Pengadilan Agama Sampit mengikuti ta’lim ramadhan yang disampaikan langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Sampit Dr. Muhammad Kastalani, S.H.I., M.H.I.

Dalam tausiahnya alumnus program doktoral UIN Alaudin Makassar tersebut menyampaikan bahwa pentingnya kita semua untuk memanfaatkan “Golden Time”. Apa itu Golden Time?

Golden Time yang saya maksud adalah waktu-waktu terbaik untuk berdoa/berzikir. Di antara waktu-waktu terbaik tersebut dalam beberapa riwayat disebutkan ada 2 (dua) waktu “emas” yang perlu kita ketahui. Waktu tersebut adalah pada saat berbuka puasa dan pada saat sahur”, ungkap beliau.

Adapun doa yang dapat diamalkan pada waktu tersebut menurut Ketua yaitu membaca istighfar dengan lafal Rabbi al fighrli dan sholawat. Kemudian beliau mengutip sebuah hadits nabi yang menyebutkan bahwa “barangsiapa yang senantiasa istighfar niscaya Allah akan menjadikan baginya kelapangan dari segala kesedihan yang menderanya, jalan keluar dari segala kesempitan yang dihadapinya, dan Allah memberinya rezeki yang tidak ia sangka-sangka.”

Lebih lanjut beliau juga menyampaikan, bahwa dengan adanya kegiatan ta’lim ini mudah-mudahan ibadah puasa kita lebih berkualitas lagi dan insya allah orang-orang yang mau tetap belajar atau menuntut ilmu agama, maka itu adalah tanda bahwa Allah SWT menghendaki kebaikan untuknya baik di dunia maupun di akhirat sebagaimana sabda Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam:

وَمَنْ يُرِدْ اللَّه بِهِ خَيْرًا يُفَقِّههُ فِي الدِّين

“Mudah-mudahan kita semua tergolong orang-orang yang mau belajar dan ketika mendengarkan nasehat-nasehat keagamaan bagaikan gelas yang masih kosong, “tutup beliau. PA Sampit BAHALAP (Tim Redaksi/MF)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media