header pta Baru

Alhamdulillah, Nida Farhanah, S.Sy. Kini Resmi Menyandang Gelar Magister

Written by TimRedaksi-PAPPS on . Posted in Pulang Pisau

Written by TimRedaksi-PAPPS on . Hits: 631Posted in Pulang Pisau

Alhamdulillah, Nida Farhanah, S.Sy. Kini Resmi Menyandang

Gelar Magister

6a

Pulang Pisau pa-pulangpisau.go.id

Bertempat di Aula Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya yang menggelar Sidang Senat Terbuka Wisuda Sarjana XXXIII dan Magister X tahun 2022, Nida Farhanah, S.Sy., M.H. selaku Hakim Pengadilan Agama Pulang Pisau berhasil meraih gelar Magister pada hari Rabu 20 Juli 2022 dengan IPK 3,86 dengan predikat cumlaude. Apalagi kebahagiaan semakin bertambah ketika gelar yang diperoleh dengan jerih payah ini turut dihadiri pula oleh orang tua dan keluarga tercinta yang mendampingi.

Rektor IAIN Palangka Raya Dr. H. Khairil Anwar, M.Ag. mengukuhkan 313 wisudawan, yang terdiri dari 269 wisudawan Program Sarjana dan 44 wisudawan Program Magister. Adapun rincian 313 wisudawan program sarjana adalah Fakultas Tarbiyah sebanyak 115, Fakultas Syariah sebanyak 38, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam sebanyak 72, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah sebanyak 44.

Dalam sambutannya, Rektor IAIN Palangka Raya menyampaikan: “Pesan kepada wisudawan-wisudawati untuk tetap menjaga nama baik lembaga atau institut meskipun sudah menjadi alumni. Selain itu Rektor juga menghimbau untuk bisa mengabdi ke masyarakat dengan baik,” tutur beliau. Rektor juga memberikan penghargaan kepada 23 wisudawan terbaik Sarjana dan Magister dimana pembacaan keputusan rektor diwakilkan oleh Wakil Rektor I, Prof, Dr. Hj. Hamdanah, M. Ag. Selanjutnya wisudawan terbaik diberikan penghargaan secara simbolik dari seluruh anggota senat.

gelarmagisternida1

Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau Erpan, S.H., M.H. mengucapkan atas nama Keluarga Besar Pengadilan Agama Pulang Pisau mengapresiasi prestasi dan kesuksesan atas apa yang sudah diraih oleh Nida Farhanah, S.Sy., M.H. selaku Hakim Pengadilan Agama Pulang Pisau. Semoga dengan selesainya pendidikan pascasarjana tersebut selain meningkatkan kapabilitas dan intelektualitas tetapi juga bisa berbagi dan menerapkan ilmu yang didapat semasa kuliah di Pengadilan Agama Pulang Pisau. Serta juga berkomitmen untuk terus mendukung pegawai yang ingin maupun sedang melanjutkan pendidikan program pascasarjana S.2 maupun S.3,” tutur beliau.

Tim Penulis Berita Pengadilan Agama Pulang Pisau menyambangi Nida Farhanah, S.Sy., M.H. selaku Hakim Pengadilan Agama Pulang Pisau di ruang kerjanya mengucapkan terima kasih atas doa dan dukungan selama mengemban pendidikan pada program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya. Istri dari Mohammad Noor Hidayat, S.Th.I., M.Pd.I yang merupakan CPNS Penghulu pada Kantor Urusan Agama Kecamatan Juai Kabupaten Balangan dan ibu dari 2 (dua) orang putra ini menyampaikan rasa syukur tiada terhingga kepada Allah SWT. Hal ini karena atas seijin-Nya berkesempatan kembali melanjutkan pendidikannya. Suka dan duka dalam melewati setiap proses pendidikan tentu saja ada. Terlebih lagi tempat kerja yang berbeda dengan sang suami mengharuskan beliau untuk menjadi seorang ibu tangguh ketika harus bisa menjalankan tugas sebagai istri, ibu, Hakim, dan Mahasiswi.

gelarmagisternida2

Beliau menyampaikan kesan selama menjalani kuliah: “alhamdulillah bisa mendapatkan teman baru dari berbagai instansi dan daerah yang berbeda serta kembali mendapatkan ilmu dari para dosen yang luar biasa. Selain itu dengan adanya hikmah Covid 19 di saat penyebaran virus masih sangat tinggi, sejak semester I s.d semester III perkuliahan dilaksanakan secara daring dan hanya sesekali saja dilaksanakan secara tatap muka sehingga bisa tetap mengikuti perkuliahan tanpa harus meninggalkan tempat tugas. Kesan yang sangat mendalam terjadi pada tanggal 18 November 2021 di saat perkuliahan akan dilaksanakan secara tatap muka, akan tetapi kondisi alam di Tumbang Nusa mengalami banjir parah di beberapa titik. Alhamdulillah masih ada travel yang berani untuk menerjang banjir. Walaupun pada malam Jumat tersebut beliau beserta anak harus mengantri menyeberang selama 3 (tiga) jam dengan hampir seluruh badan mobil terendam air dan hampir terbawa derasnya arus banjir. Namun Allah SWT masih memberikan keselamatan sehingga keesokan harinya bisa mengikuti perkuliahan di ruang kelas.

Semoga ilmu yang diraih mampu memberikan kontribusi dalam dunia hukum khususnya Lembaga Peradilan terutama di Pengadilan Agama Pulang Pisau, dan untuk memotivasi rekan-rekan kerja di Pengadilan Agama Pulang Pisau, beliau juga menyampaikan sebuah mahfudzot yang berbunyi:

مَـنْ أَرَادَ الـدُّنْيَا فَـعَلَيْهِ بِالـعِلْمِ وَمَـنْ أَرَادَ الأخِـرَةَ فَـعَلَيْهِ بِالعِـلْمِ وَمَـنْ أَرَادَهُمَـا فَعَلَيْـهِ بِالعِـلْم

Artinya: “Barang siapa yang menginginkan dunia maka mesti dengan ilmu, barang siapa yang menginginkan akhirat mesti dengan ilmu, dan barang siapa yang menginginkan kedua-duanya maka mesti pula dengan ilmu.”

“C.A.T. (Cepat, Aktual, dan Terpercaya), NV/Timred”

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media