header pta Baru

Pengadilan Agama Pulang Pisau Ikuti Acara Penandatanganan MoU dan Kuliah Umum Badilag MA RI

Written by Tim-RedaksiPAPPS on . Posted in Pulang Pisau

Written by Tim-RedaksiPAPPS on . Hits: 325Posted in Pulang Pisau

Pengadilan Agama Pulang Pisau Ikuti Acara Penandatanganan MoU dan Kuliah Umum Badilag MA RI

 zoomkuliahumumdanmou2022

Pulang Pisau pa-pulangpisau.go.id

Pada hari Rabu 20 April 2022 pukul 10.00 WIB bertempat di Media Center Pengadilan Agama Pulang Pisau mengikuti zoom meeting mengenai Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI dengan Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) dan selanjutnya mengikuti Kuliah Umum oleh Prof. Dr. Komaruddin Hidayat, Rektor UIII dengan tema “Membangun Peradaban Hukum yang Humanis dan Berkeadilan”. Berdasarkan surat Dirjen Badilag Mahkamah Agung Republik Indonesia nomor 2379/DjA/HM.00/4/2022 mengenai Undangan Penandatanganan MoU dan Kuliah Umum tertanggal 18 April 2022.

Turut hadir dari Pengadilan Agama Pulang Pisau yakni Wakil Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau Nur Izzah, S.H.I., Hakim Pengadilan Agama Pulang Pisau Nida Farhanah, S.Sy, Panitera Pengadilan Agama Pulang Pisau Ibramsyah, S.H., Panitera Muda Hukum Pengadilan Agama Pulang Pisau Aristyawan Akrom Masykuri, S.Ag., M.Hum, dan Panitera Muda Permohonan Pengadilan Agama Pulang Pisau Hj. Norbaiti, S.H.I.

Dr. Drs. Aco Nur, S.H., M.H., Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia dalam sambutannya menyatakan bahwa “Tujuan diadakannya MoU ini adalah dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dimana SDM yang berkualitas akan dapat mendukung implementasi program-program yang telah ditetapkan untuk mencapai cita-cita. Meningkatkan SDM di Peradilan Agama dalam rangka menata kelola organisasi di Peradilan Agama dalam memberikan pelayanan prima dengan label Peradilan yang bertaraf Internasional. Untuk mencapai SDM yang berkualitas tentunya harus melakukan kerjasama dengan universitas-universitas di Indonesia maupun universitas di luar negeri. Dengan adanya SDM yang berkualitas tersebut Badilag telah berhasil menorehkan prestasi-prestasi yang mendapatkan apresiasi tinggi dari Negara. Salah satunya Ditjen Badilag merupakan satu-satunya unit Esselon 1 di Mahkamah Agung RI yang telah berhasil meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM). ”ujar beliau.

zoomkuliahumumdanmou2022 1

Selanjutnya Prof. Dr. Komaruddin Hidayat, Rektor UIII, dalam sambutannya menyampaikan bahwa terdapat kesamaan spirit misi antara Badilag dengan Kampus UIII, yaitu pertama, komitmen melakukan kajian yang lebih mendalam dalam bidang keadilan, karena salah satu tantangan Negara kita adalah bagaimana menegakkan keadilan; kedua, para intelektual, mahasiswa bahkan para dosen, dari luar negeri sangat tertarik untuk mengenal, tinggal dan belajar di Indonesia. Oleh sebab itu UIII bersama Badilag berkeinginan membangun dan memajukan masyarakat Indonesia dengan dakwah Islam yang humanis, yang berkeadilan, yang simpatik, sehingga Badilag dan UIII dapat mewujudkan Islam sebagai rahmatan lil alamin, Selanjutnya karena UIII ingin mengenalkan best practicelocal wisdom, karakter Islam di Indonesia kepada dunia luar maka yang dipelajari tidak hanya dari buku-buku yang kenyataannya tertinggal dari problem-problem yang muncul dan terjadi dalam masyarakat, maka kampus-kampus mendatangkan tokoh-tokoh yang mengangkat kasus-kasus yang terdapat dalam masyarakat tersebut sebagai bagian pembelajaran bagi mahasiswanya. Jadi di samping kajian-kajian teoritis akademis juga diperkaya dengan kasus-kasus. “Kami berharap kerjasama dengan Badilag sekaligus akan memperkaya laboratorium kami tentang berbagai masalah-masalah hukum keluarga dan peradilan di Indonesia dan sekaligus Badilag bisa mengkajinya dan diformulasikan dalam kerangka akademis sebagai kontribusi perubahan keilmuan di Indonesia maupun dunia Islam, ”kata beliau.

Acara selanjutnya adalah penandatanganan MoU antara Ditjen Badilag dengan UIII yaitu Dirjen Badilag dan Rektor UIII membubuhkan tandatangannya pada naskah MoU yang sudah disiapkan. Kemudian dilanjutkan dengan kuliah umum Rektor UIII dengan tema “Membangun Peradaban Hukum yang Humanis dan Berkeadilan”. Akhirnya acara pada pagi hingga siang ini diakhiri dengan tukar menukar cindera mata antar kedua institusi.

“C.A.T. (Cepat, Aktual, dan Terpercaya), NV/Timred”                             

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media