header pta Baru

Wakil Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau Turut Mengikuti Peringatan Nuzulul Qur’an 1443 H/2022 M Melalui Zoom Meeting

Written by Tim-RedaksiPAPPS on . Posted in Pulang Pisau

Written by Tim-RedaksiPAPPS on . Hits: 316Posted in Pulang Pisau

Wakil Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau Turut Mengikuti Peringatan Nuzulul Qur’an 1443 H/2022 M Melalui Zoom Meeting

 nuzululquran2022

Pulang Pisau pa-pulangpisau.go.id

Pada hari Senin, 18 April 2022 pukul 16.00 WIB Wakil Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau Nur Izzah, S.H.I. bertempat di Media Center Pengadilan Agama Pulang Pisau mengikuti zoom meeting mengenai Peringatan Nuzulul Qur’an 1443 H/2022 M yang dilaksanakan oleh Sekretaris Mahkamah Agung Republik Indonesia. Dengan penceramah Dr. Drs. H. Masyuhril Khamis, S.H., M.M. Ketua Umum PB Al Washiyah dan Ketua Pusat Dakwah dan Perbaikan Akhlak Bangsa MUI Pusat.

Peringatan Nuzulul Qur'an ini pemateri menyampaikan tentang tiga hal pokok yang menjadi dasar utama dalam komunikasi pendidikan nabi (prophetic) dalam mendidik para sahabatnya, yaitu, tilawah, tazkiah, dan taklim atau ta'lim

Tilawah secara bahasa artinya tabi’a–mutaba’ah artinya mengikuti. Bisa dengan cara mengikuti badannya atau orang, mengikuti hukumnya, dan mengikuti bacaannya dengan memperhatikan mengkaji isi yang terkandung di dalamnya. Atau dengan kata lain Tilawah berarti membaca dan memahami karena harus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan kebaikan.

nuzululquran2022 1

Secara bahasa, tazkiyah berasal dari kata zakka-yuzzaki-tazkiyah yang berarti pembersihan, penyucian atau pemurnian; dan berarti berkah, tumbuh dan bertambah baik. Tazkiyah dalam arti pertama adalah membersihkan dan menyucikan jiwa dari sifat-sifat tercela, sedangkan arti yang kedua, adalah menumbuhkan dan memperbaiki jiwa dengan sifat-sifat terpuji. Ta’lim berasal dari akar kata "allama yu'allimu, dan ta'lim artinya pengajaran. ta'lim memiliki arti memberitahukan sesuatu kepada seseorang yang belum tahu.

Di samping itu beliau juga menggerakkan tiga aksi untuk menyelamatkan umat Islam yaitu Gemar (Gerakan Membaca Alqur'an), Gempar (Gerakan Menghafal Alqur'an) dan Getar (Gerakan Mengerti Alqur'an). Jika ketiga gerakan ini berhasil maka akan melahirkan gelar atau gerakan berperilaku Alqur'an.

“C.A.T. (Cepat, Aktual, dan Terpercaya), NV/Timred”

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media