header pta Baru

Keluarga Besar Pengadilan Agama Pulang Mengucapkan Selamat Memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-93 Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh

Written by Tim-RedaksiPAPPS on . Posted in Pulang Pisau

Written by Tim-RedaksiPAPPS on . Hits: 406Posted in Pulang Pisau

Keluarga Besar Pengadilan Agama Pulang Mengucapkan

Selamat Memperingati Hari Sumpah Pemuda Ke-93

Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh

 

Pulang Pisau | pa-pulangpisau.go.id

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 yang jatuh pada hari Kamis 28 Oktober 2021 kali ini mengusung tema “Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh”. Tema tersebut menggambarkan spirit persatuan dalam keberagaman bangsa Indonesia. Spirit lain yang dimaknai dalam tema ini adalah partisipasi kaum muda untuk bangkit melawan pandemi Covid-19 dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi dengan semangat kewirausahaan para pemuda.

Logo Hari Sumpah Pemuda 2021 berupa angka 93 yang bersambung dengan lima gradasi warna, yaitu kuning, orange, merah, biru, dan hijau serta angka 93 yang didesain bersambung tanpa putus menandakan komitmen pemuda Indonesia untuk bersatu dalam menghadapi pandemi COVID-19. Logo ini juga menggambarkan semangat kepemudaan dengan dicirikan dari bentuk yang tegas dari logo. Bentuk tersebut mencerminkan jiwa semangat kepemudaan yang akan terus berkobar untuk Indonesia bangkit.


Sedangkan kolaborasi warna yang digunakan mewakili keberagaman kolaborasi pemuda Indonesia yang sama-sama berkomitmen mewujudkan ekonomi Indonesia tumbuh dengan semangat kewirausahaan. Logo yang dilaunching pada Bulan Pemuda ini merupakan hasil dari sayembara yang diselenggarakan oleh Kemenpora. Dalam rangka menyemarakkan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93, Kemenpora menggelar serangkaian acara mulai dari Pesantrenpreneur 2021, Forum Organisasi Kepemudaan, hingga kegiatan kolaborasi lintas Unit/Deputi/Kementerian/Lembaga/ Masyarakat/Organisasi Kepemudaan/Dunia Usaha.

Diberitakan sebelumnya, sejarah Sumpah Pemuda berawal dari pendirian organisasi yang bersifat kedaerahan untuk melawan penjajahan lokal. Beberapa organisasi kedaerahan yang didirikan pada waktu itu adalah Tri Koro Darmo yang berganti nama menjadi Jong Java, didirikan tahun 1915. Selain itu, didirikan pula Jong Soematranen Bond pada tahun 1917 dan Jong Islamieten Bond tahun 1924. Para pemuda tersebut kemudian menyelenggarakan dua kali kongres. Kongres pertama berlangsung pada tahun 1926 melahirkan Perhimpoenan Peladjar-Peladjar Indonesia (PPPI), sebuah organisasi pemuda yang beranggotakan pelajar dari seluruh Indonesia dan kongres kedua tahun 1928 melahirkan sumpah setia yang disebut ikrar Sumpah Pemuda.

Para generasi muda menjadi tulang punggung dan harapan dari sebuah peradaban agama dan bangsa. Dalam Islam, peran dan fungsi generasi muda sangat urgen dalam mempertahankan eksistensi kejayaan agama Islam. Karena di tangan merekalah tongkat estafet Islam akan diperjuangkan dan ditegakkan. Hal ini dikarenakan seorang pemuda memiliki potensi yang besar dalam mengemban amanah besar tersebut. Maka tidak ada alasan apapun untuk tidak segera menyelamatkan generasi penerus dari berbagai ancaman kerusakan di era globalisasi saat ini.

Dalam sebuah Pepatah Arab mengatakan:

إِنَّ فِى يَدِ الشُّباَّنِ اَمْرَ اْلاُمَّةْ وَفِى اَقْدَامِهَا حَيَاتَهَا

Artinya:
“Sesungguhnya di tangan para pemudalah urusan umat, dan pada kaki-kaki merekalah terdapat kehidupan umat”.

Di momen peringatan hari sumpah pemuda ke-93 ini, pimpinan dan seluruh keluarga besar Pengadilan Agama Pulang Pisau mengucapkan Selamat Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 – 28 Oktober 2021. Sumpah Pemuda bersatu, bangkit dan tumbuh.

“C.A.T (Cepat, Aktual, dan Terpercaya) NF/Timred”

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media