header pta Baru

Pengadilan Agama Pulang Pisau Ikuti Webinar Sosialisasi Gugatan Mandiri dan e-court Melalui Zoom Meeting

Written by Tim-RedaksiPAPPS on . Posted in Pulang Pisau

Written by Tim-RedaksiPAPPS on . Hits: 457Posted in Pulang Pisau

Pengadilan  Agama Pulang  Pisau Ikuti Webinar Sosialisasi Gugatan Mandiri dan e-court Melalui Zoom Meeting

Pengadilan Agama Pulang Pisau ikuti webinar sosialisasi gugatan mandiri dan e-court melalui zoom meeting mengenai meningkatkan akses keadilan dan layanan keadilan bagi paralegal, perempuan dan penyandang disabilitas. Hal ini dilakukan berdasarkan surat Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 3286/DjA/HM.00/9/2021 mengenai undangan webinar sosialisasi gugatan mandiri dan e-court tertanggal 27 September 2021. Seluruh aparatur Pengadilan Agama Pulang Pisau dengan antusias mengikuti kegiatan tersebut di tempat kerja masing-masing, Rabu (29/09/2021) pukul 08.25 -12.30 WIB.

Dalam pembukaan kegiatan tersebut Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. selaku Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia mengatakan: “Dalam webinar kali ini mengangkat kebijakan direktorat jenderal badan peradilan agama dalam peningkatan access to justice bagi kelompok masyarakat rentan. Prioritas Ditjen Badilag ada 8 (delapan) program yaitu akreditasi penjaminan mutu peradilan agama, manajemen dan peningkatan kualitas SDM, optimalisasi SIPP, reformasi birokrasi dan zona integritas, pemanfaatan TI dan keterbukaan informasi, akses terhadap keadilan, peningkatan pelayanan publik dan perwujudan court excellence. Sehingga dari delapan program tersebut yang paling di tekankan akses terhadap keadilan karena hal ini berkaitan erat dengan upaya negara dalam membuka akses seluas-luasnya bagi seluruh lapisan masyarakat dalam memperjuangkan hak-haknya tersebut, ”kata beliau.

“Kendala yang dihadapi sekarang ini oleh kelompok masyarakat yang sangat rentan yaitu masyarakat yang kurang mampu, masyarakat di daerah terpencil (Remote Area), perempuan dan anak, serta disabilitas. Jadi empat kelompok masyarakat rentan ini berpotensi mengalami hambatan dalam mengakses layanan pengadilan sehingga diperlukan sistem dan perlakuan khusus bagi mereka untuk mewujudkan kesetaraan akses dengan kelompok masyarakat lainnya. Selain itu juga membahas mengenai gugatan mandiri, Pengadilan elektronik (e-court), optimalisasi layanan posbakum, dan layanan bagi disabilitas, ”tutur Aco Nur.

Selanjutnya materi dari Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama MARI Dr. Dra. Nur Djannah Syaf, S.H., M.H. beliau mengatakan: “Dalam webinar kali ini membahas mengenai peradilan elektronik, gugatan mandiri dan posbakum.  Administrasi peradilan secara manual dirasakan sudah tidak sesuai dengan kebutuhan zaman, pembaruan peradilan ditetapkan Mahkamah Agung pada tahun 2010 lalu mengamanatkan pentingnya setiap unsur di lembaga peradilan bersatu dalam menjalankan misi-misi pembaharuan guna mewujudkan visi pengadilan Indonesia yang agung. Sehingga instrumen yang dianggap paling efektif dengan menerapkan teknologi informasi sesuai dengan PERMA Nomor 1 Tahun 2019 merupakan wujud nyata dari pemanfaatan teknologi informasi oleh Mahkamah Agung, ”tutur beliau.

Setelah itu materi dari Sekretariat Wakil Presiden Mahfudz Ahmad, S.Kom, M.Eng membahas mengenai meningkatkan akses dan layanan keadilan bagi perempuan dan penyandang disabilitas. “Dalam kondisi kemiskinan di Indonesia sejak Maret 2015 hingga September 2019 tren kemiskinan selalu menurun dari 11,22% menjadi satu digit pada Maret 2018 9,82% hingga pada September 2019 menjadi 9,22%, namun sejak pandemi Covid-19 yaitu September 2020 sebesar 9,22% hingga menjadi dua digit lagi sebesar 10,19% atau naik 0,97% (2,76 juta jiwa). Dalam percepatan penanggulangan kemiskinan pemerintah pusat dan daerah menurunkan beban pengeluaran seperti bantuan sosial dan subsidi, jaminan sosial dan jaring pengaman Covid-19 upaya pemerintah meningkatkan pendapatan yaitu pemberdayaan UMKM, pengembangan ekonomi lokal, akses pekerjaan dan respon kebijakan Covid-19, ”tutur beliau.

Tim redaksi Pengadilan Agama Pulang Pisau menyambangi Bapak Erpan, S.H., M.H. selaku Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau mengucapkan rasa terima kasih kepada Dirjen Badilag Mahkamah Agung Republik Indonesia yang telah menyelenggarakan webinar tersebut. “Aparatur Pengadilan Agama Pulang Pisau menyambut baik webinar ini karena dapat memperoleh ilmu yang yang sangat bermanfaat sehingga dapat menerapkan di masing-masing peradilan agama khususnya di Pengadilan Agama Pulang Pisau. elain itu juga dapat menjalankan 8 program  prioritas Ditjen Badilag dengan tujuan untuk melayani masyarakat pencari keadilan dalam memperoleh pelayanan, ”kata beliau.

“C.A.T( Cepat, Aktual, dan Terpercaya), NV/Timred”

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media