header pta Baru

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Jurusita Pengganti Pengadilan Agama Pulang Pisau

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Pulang Pisau

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 636Posted in Pulang Pisau

Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Jurusita Pengganti Pengadilan Agama Pulang Pisau

C:\Users\User\Downloads\WhatsApp Image 2021-05-25 at 09.56.42.jpeg

Selasa, tanggal (25/05/2021), Bapak Bemby Joviko, S.H.  telah resmi dilantik oleh Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau sebagai Jurusita Pengganti Pengadilan Agama Pulang Pisau. Jurusita adalah salah satu pejabat yang bertugas di pengadilan, selain Hakim, Panitera, dan Sekretaris pengadilan. Pekerjaan jurusita banyak di lapangan, sehingga anda tidak akan menemukan jurusita duduk di belakang Hakim saat sidang berlangsung. Meskipun demikian, hasil kerja jurusita berpengaruh pada administrasi pengadilan, terutama tenaganya dibutuhkan dalam perkara perdata sejak awal hingga eksekusi putusan.

Prosesi Pelantikan dan Pengambilan sumpah jabatan Jurusita tersebut telah dilaksanakan di ruang sidang Pengadilan Agama Pulang Pisau, pada pukul 09.00 WIB, dengan dihadiri oleh Pimpinan, Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional serta seluruh Pegawai Pengadilan Agama Pulang Pisau.

Gusti Astuti Wulandari, S.H. selaku MC dalam acara pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan tersebut, membuka acara dengan meminta seluruh hadirin untuk menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan lagu Hymne Mahkamah Agung. 

Sebelum memulai prosesi Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan, acara dimulai dengan membaca basmallah, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan. Setelah itu dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan yang disaksikan oleh dua orang saksi dan satu orang rohaniwan. Setelah pengambilan sumpah, kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara sumpah, yang pertama ditandatangani oleh pejabat yang diambil sumpah, dilanjutkan oleh dua orang saksi dan disusul oleh rohaniwan. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pembacaan dan penandatanganan Pakta Integritas oleh pejabat yang telah dilantik.

Sebelum prosesi Pelantikan dan Pengambilan sumpah jabatan berakhir, Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau memberikan amanat kepada Jurusita Pengganti yang baru dilantik agar bertanggung jawab terhadap pekerjaannya, berhati-hati terhadap imbalan dari para pihak, berhati-hati dengan janji, serta berhati-hati dalam memberikan penjelasan kepada para pihak. Sebelum mengakhiri amanatnya, Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau juga berharap kepada Jurusita Pengganti yang baru dilantik agar konsisten dalam pekerjaannya dan dapat membuat Pengadilan Agama Pulang Pisau semakin maju. Papar Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau.

C:\Users\User\Downloads\WhatsApp Image 2021-05-25 at 09.53.06.jpeg

Setelah penyampaian amanat, acara ditutup dengan pembacaan doa yang dibacakan oleh Saudara Ilham Nino Gardiola, A.M.d.T., kemudian dilanjutkan dengan pemberian ucapan selamat dan ditutup dengan sesi foto bersama keluarga besar Pengadilan Agama Pulang Pisau.

“C.A.T (Cepat, Aktual dan Terpercaya), Mry/Timred”

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media