header pta Baru

Pengadilan Agama Pulang Pisau ikuti Live Streaming Youtube Pembukaan Fit and Proper Test Calon Pimpinan Mahkamah Syari’ah/ Pengadilan Agama Tahun 2021

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Pulang Pisau

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 454Posted in Pulang Pisau

Pengadilan Agama Pulang Pisau ikuti Live Streaming Youtube Pembukaan Fit and Proper Test Calon Pimpinan Mahkamah Syari’ah/ Pengadilan Agama Tahun 2021 

(Senin, 03 Mei 2021) Pengadilan Agama Pulang Pisau mengikuti Live Streaming Youtube Pembukaan Fit and Proper Test Calon Pimpinan Mahkamah Syar’iyah/ Pengadilan Agama Tahun 2021 berdasarkan Surat Undangan dari Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI Nomor : 1420/DjA/HM.00/4/2021 tanggal 29 April 2021 Perihal Undangan Pembukaan Fit and Proper Test Virtual. 

 

Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI Bapak Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H., secara resmi membuka acara Fit and Proper Test Calon Pimpinan Mahkamah Syar’iyah/ Pengadilan Agama Tahun 2021 yang diikuti para Calon Wakil Ketua Mahkamah Syar’iyah/ Pengadilan Agama Kelas IA, Kelas IB serta Kelas II seluruh Indonesia. Beliau menyampaikan puji syukur atas terselenggaranya acara tersebut di tengah pandemi Covid-19 saat ini.  Beliau berdoa semoga seluruh aparatur pada lingkungan Peradilan Agama maupun lingkungan Peradilan lainnya selalu diberikan kesehatan dan kekuatan serta dijauhkan dari wabah Covid-19 ini. Dan mudah-mudahan Allah SWT segera menghilangkan wabah Covid-19 ini dari Negara Republik Indonesia sehingga kita dapat melaksanakan tugas-tugas kita secara normal seperti biasanya saat sebelum ada pandemic Covid-19. 

 

Dalam sambutannya Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Bapak Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H., menekankan bahwa Bapak dan ibu peserta Fit and Proper Test adalah orang yang terseleksi. Terseleksi dari berbagai persyaratan-persyaratan yang ketat. Pertama dilihat dari prestasi SIPP (Sistem Informasi Penelusuran Perkara). Di dalam SIPP tersebut ada 3 hal yang dinilai yaitu bagaimana percepatan putusan, minutasi dan melakukan publikasi atas putusan. Kedua  Laporan Triwulan, dalam Laporan Triwulan ini ada 16 item yang dinilai. Ada 3 faktor penting yaitu Tehnis Yudisial, Kepaniteraan dan Kesekretariatan. Sebab sebagai pimpinan harus mampu melaksanakan 3 hal tersebut. Karena dibawah organisasi pengadilan ada 3 hal tersebut yang harus dikelola secara baik, yang harus diorganisir oleh seorang Ketua. Ketiga Prestasi WBK (Wilayah Bebas Korupsi)/WBBM (Wilayah Birokrasi Bersih Melayani) merupakan predikat yang diberikan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Refomasi Birokrasi (Kementerian PAN dan RB), Dekorum Ruang Sidang, K3 (Kebersihan, Keindahan dan Kerapihan) serta penilaian Akreditasi Penjaminan Mutu dan sebagainya. Sehingga para peserta Fit and Proper Test adalah orang yang terseleksi dengan ketat dan dengan rangking yang dibatasi sehingga para peserta Fit and Proper Test adalah orang yang mempunyai kualitas. 

Beliau berharap kepada yang lulus nanti untuk benar-benar melaksanakan program kerja yang sudah diterapkan oleh Badan Peradilan Agama. Tidak ada lagi tawar-menawar untuk mencapai tujuan Peradilan Agama yang Agung mendukung Mahkamah Agung Republik Indonesia. Badan Peradilan Agama akan menjadi peradilan yang berkelas dunia. Ini dibebankan kepada bapak dan ibu para peserta Fit and Proper Test sebagai pemimpin di Pengadilan Agama. Bagaimana mempertahankan dan mencapai label peradilan berkelas dunia adalah ditangan dan dipundak bapak dan ibu semua. Apabila nanti setelah lulus merasa tidak mampu membawa organisasi Peradilan Agama untuk cepat mohon kepada Dirjen Badan Peradilan Agama untuk sementara parkir. Berikan kesempatan kepada yang mempunyai kemampuan yang mampu menggiring dan membawa Peradilan Agama menjadi Peradilan berkelas dunia. 

Beliau juga menyampaikan bahwa berangkat dari itu kepada bapak dan ibu peserta Fit and Proper Test tunjukan nanti kepada 9 orang penguji Fit and Proper Test bahwa bapak dan ibu adalah calon pemimpin yang mampu menggiring dan membawa Peradilan Agama menjadi Peradilan berkelas dunia. Kita sudah mencapai 78 Pengadilan Agama menjadi Pengadilan Agama WBK dan WBBM. Itu menunjukan prestasi yang luar biasa. Diakhir sambutannya beliau menyampaikan bahwa kita dukung Mahkamah Agung Republik Indonesia menjadikan Peradilan Yang Agung. 

Arahan dari Direktur Jenderal Badan Peradilan  tersebut diikuti dengan antusias oleh seluruh aparatur Pengadilan Agama Pulang Pisau. Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau berharap semoga dengan mengikuti acara ini kita dapat terus meningkatkan kinerja kita dalam memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat pencari keadilan dan meningkatkan peringkat ranking SIPP, Laporan Triwulan serta dapat meraih WBK. 

C.A.T( Cepat, Aktual dan Terpercaya)

NI/Timred

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media