header pta Baru

Pengadilan Agama Pulang Pisau Mengucapkan Selamat Memperingati Nuzulul Qur’an 17 Ramadhan 1442 H

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Pulang Pisau

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 788Posted in Pulang Pisau

Pengadilan Agama Pulang Pisau Mengucapkan Selamat Memperingati Nuzulul Qur’an 17 Ramadhan 1442 H

C:\Users\User\Pictures\Foto Berita 2021\quran.jpg

Kamis, 29 April 2021 (17 Ramadhan 1442 H) bertepatan dengan hari diturunkannya Alqur’an dari Baitul Izzah ke bumi pada 17 Ramadhan. Secara terminology, Nuzulul Quran merupakan peristiwa diturunkannya wahyu Allah SWT yakni Alquran kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara Malaikat Jibril secara berangsur-angsur.

Nuzulul quran berasal dari kata nuzul dan Alquran. Kata nuzul secara harfiah berarti menurunkan sesuatu dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Sedangkan quran merupakan Alquran, kitab suci umat Islam. Nuzulul Quran terjadi pada 17 Ramadhan, di Gua Hira pada Tahun ke-41 dari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Saat itu, Nabi Muhammad SAW menerima wahyu lima ayat dari Surat Al-'Alaq. 

Proses turunnya berbeda dengan kitab-kitab lainnya. Menurut Manna Al-Qaththan, terdapat sejumlah mazhab mengenai proses turunnya Alquran. Pertama, menurut Ibnu Abbas, turunnya Alquran terjadi secara sekaligus ke Baitul Izzah di langit untuk menunjukkan kepada para malaikat betapa besarnya malam ini. Setelah itu, Alquran diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW secara bertahap selama 23 tahun. Pendapat lain dari Al-Syabi menyebutkan bahwa awal turunnya Alquran dimulai pada malam lailatul qadar di bulan Ramadan. Lalu, turun secara bertahap sesuai dengan peristiwa yang mengiringinya selama 23 tahun. Alquran diturunkan secara bertahap sesuai dengan peristiwa di masa Nabi Muhammad untuk memantapkan dan memperteguh dakwah Rasulullah.


Terkait turunnya Al Quran, Allah SWT berfirman dalam QS. Al-Baqarah ayat 185 yang menjelaskan: "Bulan Ramadan adalah (bulan) yang di dalamnya diturunkan Al Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang batil). Karena itu, barangsiapa di antara kamu ada di bulan itu, maka berpuasalah. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (dia tidak berpuasa), maka (wajib menggantinya), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, agar kamu bersyukur."

Keluarga Besar Pengadilan Agama Pulang Pisau mengucapkan selamat memperingati Nuzulul Quran 17 Ramadhan 1442 H. Semoga dengan peringatan ini dapat meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT salah satunya membaca Al-Qur’an setiap harinya. Tidak hanya di bulan ramadhan, tetapi juga di hari lainnya.

“C.A.T( Cepat, Aktual, dan Terpercaya), NV/Timred”

 

 

 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media