header pta Baru

Pengadilan Agama Pulang Pisau Ucapkan Selamat Hari Kartini

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Pulang Pisau

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 457Posted in Pulang Pisau

Pengadilan Agama Pulang Pisau Ucapkan Selamat Hari Kartini

Raden Adjeng Kartini (lahir di Jepara, Hindia Belanda, 21 April 1879 – meninggal di Rembang, Hindia Belanda, 17 September 1904 pada umur 25 tahun) atau sebenarnya lebih tepat disebut Raden Ayu Kartini[a] adalah seorang tokoh Jawa dan Pahlawan Nasional Indonesia. Kartini dikenal sebagai pelopor kebangkitan perempuan Pribumi-Nusantara.

Tepat pada hari Rabu tanggal 21 April 2021, pada kebiasaannya diperingati sebagai Hari Kartini. Peringatan Hari Kartini di Indonesia sendiri terinspirasi oleh Perjuangan Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat. Kartini mampu mendobrak stereotip tentang perempuan dengan surat-suratnya yang nantinya akan menjadi buku. Karena kepandaiannya berbahasa Belanda, Kartini kerap kali berbalas pesan dengan teman-temannya yang juga berasal dari Belanda. Ide tulisannya selalu ia kirim ke surat kabar De Hollandsche Lelie yang kemudian nanti akan dimuat. Dari surat-suratnya, Kartini membaca sambil membuat catatan-catatan. Kadang-kadang Kartini juga menulis salah satu karangan atau mengutip beberapa kalimat. Dari buku-buku, koran, dan majalah Eropa, Kartini tertarik pada kemajuan berpikir perempuan Eropa. Timbul keinginannya untuk memajukan perempuan pribumi, karena ia melihat bahwa perempuan pribumi berada pada status sosial yang rendah. Perhatiannya tidak hanya semata-mata soal emansipasi wanita, tapi juga masalah sosial umum.

Kartini melihat perjuangan wanita agar memperoleh kebebasan, otonomi dan persamaan hukum sebagai bagian dari gerakan yang lebih luas Kartini mendirikan sekolah-sekolah lain di bawah Yayasan Sekolah Kartini. Sekolah wanita didirikan di Semarang tahun 1912. Setelah Semarang, sejumlah kota lain di Pulau Jawa menyusul, termasuk Cirebon, Yogyakarta, Surabaya, Madiun, hingga Malang dan berbagai wilayah lain di Nusantara. Untuk menghormati jasa Kartini, dibangun pendopo tepat di dekat makam RA Kartini di Desa Bulu, Kabupaten Rembang. Dengan adanya pendopo itu, diharapkan memberi kenyamanan bagi orang-orang yang berziarah ke makam. Lokasi makam ini terletak di bukit pinggir jalan raya Rembang-Blora, Jawa Tengah yang diresmikan pada 19 April 1954 dan di Surat Nomor 108 Tahun 1964 yang ditandatangani Soekarno pada 2 Mei 1964, ditetapkan tanggal 21 April sebagai Hari Kartini yang merupakan Hari Besar Nasional dan juga menetapkan Kartini sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional. Tanggal 21 April dipilih berdasarkan hari lahir Kartini di Jepara, Jawa Tengah, 21 April 1879.

Dalam peringatan Hari Kartini ini, Para Pegawai PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) di Pengadilan Agama Pulang Pisau turut memperingati hari tersebut dengan cara memakai baju tradisional Kebaya. Dalam kesempatan ini, Keluarga Besar Pengadilan Agama Pulang Pisau mengucapkan Selamat Memperingat Hari Kartini 21 April 2021. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kesehatan, kekuatan, dan perlindungan untuk para wanita-wanita di Indonesia yang jasa dan kebaikannya tidak mampu tergantikan oleh apapun.

 

“C.A.T (Cepat Aktual Terpercaya), ING/Tim-Red”

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media