header pta Baru

Wakil Ketua dan Hakim PA Pulang Pisau Hadiri Webinar Peran Kepemimpinan Hakim Perempuan dalam Peradilan di Indonesia, Malaysia, dan Australia Secara Virtual

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Pulang Pisau

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 592Posted in Pulang Pisau

Wakil Ketua dan Hakim PA Pulang Pisau Hadiri Webinar Peran Kepemimpinan Hakim Perempuan dalam Peradilan di Indonesia, Malaysia, dan Australia Secara Virtual

 

Kamis 15/04/2021, bertempat di ruang Media Center Pengadilan Agama Pulang Pisau, Wakil Ketua dan Hakim Pengadilan Agama Pulang Pisau Ibu Nur Izzah S.H.I dan Nida Farhanah, S.Sy. menghadiri webinar Peran Kepemimpinan Hakim Perempuan dalam Peradilan di Indonesia, Malaysia, dan Australia secara virtual yang diselenggarakan oleh Australia Indonesia Partnership for Justice 2 (AIPJ2). Hal ini dilakukan menindaklanjuti surat dari Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI Nomor 1232/DjA/HM.00/4/2021 tanggal 14 April 2021 yang menginstruksikan agar para Hakim perempuan Peradilan Agama se-Indonesia menghadiri webinar ini. Acara yang diselenggarakan sejak pukul 09.00 s.d 11.45 WIB ini menggunakan aplikasi Zoom dan diikuti oleh Para Hakim Perempuan di 4 (empat) lingkungan badan peradilan seluruh Indonesia serta lembaga lainnya.

Webinar ini bertujuan untuk menjadi forum diskusi hakim perempuan dari tiga negara mengenai peran kepemimpinan hakim perempuan dalam peradilan di Indonesia, Malaysia, dan Australia. Kegiatan ini juga memberikan kesempatan bagi para hakim perempuan di Indonesia untuk berpartisipasi dalam webinar dengan Ketua Mahkamah Agung dan Hakim Agung perempuan dari Family Court of Australia dan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang berbagi mengenai perjalanan Ketua Mahkamah Agung Malaysia dalam menapaki jenjang karir sebagai perempuan pertama yang menduduki posisi tersebut serta identifikasi tantangan, harapan dan rekomendasi perbaikan ke depan untuk meningkatkan peran kepemimpinan hakim perempuan dalam peradilan di ketiga negara.

Sangat banyak pemateri hebat yang dihadirkan dalam webinar ini yaitu Prof. Dr. Takdir Rahmadi, S.H., LL.M. (Ketua Kamar Pembinaan/Ketua Pokja Perempuan dan Anak Mahkamah Agung Republik Indonesia) sebagai pidato kunci, The Hon Tengku Maimun Tuan Mat (Ketua Mahkamah Agung Malaysia) sebagai pembicara, dan The Hon Justice Judy Ryan (Family Court of Australia/FCOA) sebagai penanggap kunci. Hadir pula para penanggap dalam webinar ini yaitu Dr Andriani Nurdin, S.H., M.H (Wakil Ketua Pengadilan Tinggi DKI Jakarta), Dr. Hj. Diah Sulastri Dewi, S.H., M.H (Hakim Tinggi PT Tanjung Karang), dan Dr. Hj. Lelita Dewi, S.H., M.Hum (Ketua Pengadilan Agama Pariaman). Tidak hanya materi yang disampaikan, namun diberikan pula kesempatan kepada para peserta webinar yang ingin mengajukan pertanyaan agar mencantumkannya pada kolom chat dengan dipandu oleh Laode Muhammad Syarif, S.H.,LL.M, Ph.D sebagai moderator.

Wakil Ketua dan Hakim perempuan Pengadilan Agama Pulang Pisau menyambut baik adanya webinar ini. Dengan adanya webinar ini diharapkan dapat menambah khazanah keilmuan terutama dalam menjalankan amanah sehari-hari sebagai Pimpinan dan Hakim perempuan dengan bijaksana.

(Nd)/Timred)

 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media