header pta Baru

PA Pulang Pisau: “Indahnya Saling Berbagi di Tengah Kondisi Pandemi”

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Pulang Pisau

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 473Posted in Pulang Pisau

PA Pulang Pisau: “Indahnya Saling Berbagi di Tengah Kondisi Pandemi”

D:JurnalismePA Pulang PisauFoto Beritaberbagi 1.jpg

Salah satu pahala berbagi ialah dibuat gembira oleh Allah SWT pada hari kiamat. Nabi SAW berpesan, “Barangsiapa menjumpai saudaranya yang Muslim dengan (memberi) sesuatu yang disukainya agar dia gembira, maka Allah akan membuatnya gembira pada hari kiamat.” (HR. Thabrani). Selain itu, berbagi juga akan mendapat pahala besar. Allah SWT menegaskan, “Berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya dan nafkahkanlah sebagian dari hartamu yang Allah telah menjadikan kamu menguasainya. Maka orang-orang yang beriman di antara kamu dan yang menafkahkan (sebagian) dari hartanya memperoleh pahala yang besar.” (QS. al-Hadid: 7).

Di tengah kondisi pandemi saat ini, alangkah baiknya jika hati kita senantiasa tergerak untuk dapat merasakan kesulitan yang dihadapi sesama terutama bagi saudara-saudara kita yang sangat membutuhkan uluran tangan. Untuk itu pada hari Jumat tanggal 27 November 2020, keluarga besar Pengadilan Agama Pulang Pisau yang diwakili oleh Pimpinan Bapak Erpan, S.H., M.H, Hakim Ibu Nida Farhanah, S.Sy, Kepaniteraan Ibu Hj. Norbaiti, S.H.I, Kesekretariatan saudara Fandi Triandi, S.E. dan PPNPN PA Pulang Pisau saudari Kartini, S.Pd.I menyalurkan sedikit rezeki dari para donatur PA Pulang Pisau kepada beberapa warga Kabupaten Pulang Pisau yang terdampak Covid 19 berupa beberapa paket sembako. Walaupun di tengah kondisi gerimis, namun tidak menyurutkan semangat keluarga besar PA Pulang Pisau untuk menyampaikan amanah ini.

D:JurnalismePA Pulang PisauFoto Beritaberbagi 2.jpg

Jika kita merenungkan Firman Allah SWT sebagaimana terdapat dalam QS. Al Baqarah ayat 261 yang berbunyi: "Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan) oleh orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir pada tiap-tiap bulir 100 biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki dan Allah Maha luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui." (QS al-Baqarah: 261).

Dengan berbagi, berarti seseorang telah mampu menekan sifat egoisme dalam diri dengan ikatan yang kuat, penuh kecintaan, persaudaraan, dan saling menolong. Berbagi juga dapat mengobati hati dari cinta duniawi. Sebab, terlalu larut dalam kecintaan duniawi dapat memalingkan jiwa dari kecintaan kepada Ilahi. Berbagi juga dapat mengembangkan kekayaan batin. Seseorang yang senang berbagi akan menumbuhkan semangat optimistis dan menambah kekayaan jiwa. 

D:JurnalismePA Pulang PisauFoto Beritaberbagi 3.jpg

Dalam sebuah hadits Nabi SAW juga disebutkan bahwa orang yang berbagi akan didoakan oleh malaikat, sebagaimana doanya “Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan turun (datang) dua malaikat kepadanya lalu salah satunya berdoa, ‘Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya.” 

Semoga Allah SWT senantiasa membimbing kita agar menjadi insan yang senang berbagi kepada sesama sehingga mengantarkan hati menjadi suci dan mendekatkan diri kepada ilahi robbi.

 

(NF/Tim-Red)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media