header pta Baru

Hakim PA Pulang Pisau Sosialisasikan Hasil Pelatihan Online Kepemimpinan Yang Efektif

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Pulang Pisau

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 394Posted in Pulang Pisau

Hakim PA Pulang Pisau Sosialisasikan Hasil Pelatihan Online Kepemimpinan Yang Efektif

411

Hakim PA Pulang Pisau Mulyadi, Lc., M.H.I. mensosialisasikan hasil pelatihan online Kepemimpinan Yang Efektif yang pernah Ia ikuti pada hari Senin (23/11/2020). Bertempat di ruang sidang Pengadilan Agama Pulang Pisau sosilisasi diikuti oleh Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau dan seluruh jajarannya.

Dalam penyampaiannya, Mulyadi membeberkan bahwa tujuan utama perilaku kepemimpinan yang efektif adalah:

  1. Task Oriented yaitu efisiensi tinggi pada sumber daya dan personel serta kehandalan operasi, produk dan layanan yang tinggi
  2. Relations oriented yakni komitmen kuat terhadap unit dan misi kerja, tingkat saling percaya dan kerjasama yang tinggi antara anggota tim
  3. Change orintied yaitu peningkatan inovasi utama, dalam proses, produk dan layanan serta adaptasi terhadap perubahan eksternal.

Ia juga menguraikan 3 aspek dalam perbaikan diri yaitu:

  1. Inisiatif yaitu mengambil tindakan untuk meningkatkan diri, tidak menunggu pihak lain dan tidak menyalahkan pihak lain.
  2. Disiplin dengan cara mengontrol diri agar berpegangan pada action plan yang sudah dibuat.
  3. Review berkala dengan metode periksa kembali sejauh mana kita sudah meningkatkan diri.

Ditambahkannya bahwa perilaku pemimpin efektif dalam mengelola tugas yaitu:

  1. Planning dan organizing yaitu menetapkan sasaran dan cara mencapainya serta menentukan cara menggunakan dan mengalokasikan personel dan sumber daya untuk menyelesaikan tugas secara efisien.
  2. Clarifying roles and task yaitu mengkomunikasikan rencana, kebijakan dan peran yang diharapkan kepada anggota tim serta memastikan bahwa anggota tim mengerti apa yang harus dilakukan, bagaimana melakukannya dan hasil yang diharapkan.
  3. Monitoring operations and performance yaitu mengumpulkan berbagai informasi untuk memeriksa kemajuan dan kualitas pekerjaan serta mengevaluasi kinerja individu dan unit secara obyektif.
  4. Problem solving yaitu mengidentifikasi dan menganalisis masalah secara sitematis untuk menentukan penyebab.

Banyak lagi materi menarik lainnya yang sangat penting untuk dipelajari gunan meningkatkan wawasan dan kompetensi seluruh aparatur Pengadilan Agama Pulang Pisau khususnya para pimpinan di setiap lini. Semoga hasil pelatihan ini dapat diterapkan dengan maksimal baik dalam kehidupan sehari-hari seperti dalam lingkungan keluarga, masyarakat maupun di tempat kerja sehingga jiwa kepempinan aparatur Pengadilan Agama Pulang Pisau dapat semakin terasah, terampil dan profesional.

 

(Mul/Tim-Red)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media