header pta Baru

Hakim PA Pulang Pisau Sosialisasikan Hasil Pelatihan Online Building Interpersonal Softskill

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Pulang Pisau

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 455Posted in Pulang Pisau

Hakim PA Pulang Pisau Sosialisasikan Hasil Pelatihan Online Building Interpersonal Softskill

410

Hakim PA Pulang Pisau Mulyadi, Lc., M.H.I. mensosialisasikan hasil pelatihan online Building Interpersonal Softskill yang pernah Ia ikuti pada hari Senin (23/11/2020). Bertempat di ruang sidang Pengadilan Agama Pulang Pisau sosilisasi diikuti oleh Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau dan seluruh jajarannya.

Dalam penyampaiannya, Mulyadi memaparkan tentang definisi kepribadian yaitu pola yang cenderung menetap dari karakteristik dan perilaku yang terdiri dari penyesuaian unik individu terhadap kehidupan termasuk sifat-sifat utama, minat, dorongan, nilai, konsep diri, kemampuan dan pola emosi. Berbagai tipe kepribadian yang terdapat pada seseorang yaitu:

  1. Dominance yang cirinya ambisius, percaya diri, kompetitif, gigih, tegas, tidak bertele-tele, optimis, bossy, tidak sabar, penuntut dan agresif.
  2. Influence yaitu antusias, ekspresif, mudah bergaul, persuasif, ramah, populer, talkaktif, over promise, kurang disiplin dan pelupa.
  3. Compliance adalah akurat, cermat, sistematis, konvensional, rapi, kritis, pesimis, pemilih, lamban, kaku dan mudah melihat kesalahan
  4. Steadiness adalah persisten, pendengar yang baik, stabil, konsisten, sabar, empati, ragu-ragu, pasif, menghindari konflik dan keras kepala.

Selain itu Ia juga menjabarkan pula bahwa kecerdasan emosi adalah kemampuan seseorang dalam mengelola emosinya, sehingga dapat mengungkapkannya secara tepat dan efektif. Adapun komponen kecerdasan emosi adalah:

  1. Self Awareness yaitu mengenali emosi yang dirasakan, mengapa emosi tersebut muncul dan bagaimana emosi tersebut mempengaruhi orang di sekelilingnya.
  2. Managing emotions yaitu memiliki kemampuan mengendalikan emosi negatif, menunda penilaian dan berfikir sebelum bertindak
  3. Motivation yaitu memiliki keinginan kuat untuk mencapai tujuan yang ditargetkan disertai perilaku optimistik dan tangguh
  4. Emphaty yaitu mengidentifikasi dan memahami keinginan, kebutuhan dan sudut pandang orang lain
  5. Social skill yaitu mengelola relasi dan menjaga hubungan baik dengan orang lain.

Banyak lagi materi menarik lainnya yang sangat penting untuk dipelajari guna meningkatkan wawasan dan kompetensi seluruh aparatur Pengadilan Agama Pulang Pisau. Semoga hasil pelatihan ini dapat diterapkan dengan maksimal baik dalam kehidupan sehari-hari seperti dalam lingkungan keluarga, masyarakat maupun di tempat kerja sehingga aparatur Pengadilan Agama Pulang Pisau dapat semakin tangguh, cerdas dan komunikatif dalam bekerja dan melayani masyarakat pencari keadilan di Kabupaten Pulang Pisau.

(Mul/Tim-Red)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media