header pta Baru

Hakim PA Pulang Pisau Sosialisasikan Hasil pelatihan Online Ketahanan Pribadi

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Pulang Pisau

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 497Posted in Pulang Pisau

Hakim PA Pulang Pisau Sosialisasikan Hasil pelatihan Online Ketahanan Pribadi

405

Hakim PA Pulang Pisau Mulyadi, Lc., M.H.I. mensosialisasikan hasil pelatihan online Ketahanan Pribadi yang pernah Ia ikuti pada hari Senin (23/11/2020). Bertempat di ruang sidang Pengadilan Agama Pulang Pisau sosilisasi diikuti oleh Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau dan seluruh jajarannya.

Dalam paparannya, Mulyadi menyampaikan ada 16 tipe kepribadian seseorang yaitu ISTJ, ISFJ, INFJ, INTJ, ISTP, ISFP, INFP, INTP, ESTP, ESFP, ENFP, ENTP, ESTJ, ESFJ, ENFJ dan ENTJ. Adapun I (Introversion) ciri-cirinya adalah senang menyendiri atau interaksi satu lawan satu, senang bekerja sendiri, berpikir baru bertindak, terlihat tenang, fokus pada satu kegiatan, perenung, pikiran di dalam hati dan suka berefleksi atau memikirkan.

Sedangkan ciri kepribadian E (extraversion) adalah senang berinteraksi dengan orang banyak, senang bekerja kelompok, bicara, bertindak baru berfikir, enerjik, banyak kegiatan, banyak bicara, pikiran diucapkan dan suka diskusi. Ciri kepribadian S (Sensing) adalah melihat apa adanya sesuai fakta, spesifik dan mendetail, senang menghadapi hal-hal praktis, tertarik pada data dan grafik dibandingkan teori, memanfaatkan hal-hal yang sudah ada dan dikenal dengan baik, percaya pada pengalaman pribadi yang pasti dan nyata serta melihat yang dimiliki saat ini dari pada spekulasi.

Dijelaskannya pula ciri kepribadian N (Intuition) adalah melihat makna dibalik peristiswa, memikirkan berbagai kemungkinan ke depan, dampak, akibat tindakan, informasi didapat dari firasat atau bayangan, mengembangkan hal-hal baru dan berbeda sehingga tidak menyukai rutinitas dan pengulangan, suka konsep-konsep dan teori-teori serta senang berspekulasi. Ciri T (Thinking) adalah tegas, menganalisa masalah dengan obyektif, logis, menyampaikan keputusan langsung, mementingkan kebenaran kompetensi, keadilan, memutuskan dengan rasio, tampak insensitif dan tidak dimasukkan ke hati.

Ciri F (Feeling) adalah lembut hati, menganalisa masalah dengan perasaan, subyektif, menyampaikan keputusan dengan taktis, mementingkan relasi, harmoni, memutuskan dengan hati, tampak emosional dan sensitif. Ciri J (Judiging) adalah membuat batasan, mementingkan struktur, penuh perencanaan, suka aturan, kerja selesai baru santai, suka segala sesuatu selesai atau tuntas, orientasi tujuan/hasil, lebih teratur, suka semua ada di tempatnya dan ada keputusan. Terakhir, ciri kepribadian P (Perceiving) adalah mencari kebebasan, mementingkan menjalani, adaptasi dengan yang ada, suka fleksibiltas, santai dulu baru kerja, suka memulai proyek baru, orientasi proses, lebih santai dan suka segala sesuatu punya kemungkinan terbuka dan spontanitas.

Banyak lagi materi menarik lainnya yang sangat penting untuk dipelajari guna meningkatkan wawasan dan kompetensi. Semoga seluruh aparatur Pengadilan Agama Pulang dapat menerapkannya dengan maksimal baik dalam kehidupan sehari-hari maupun di tempat kerja Kantor Pengadilan Agama Pulang Pisau yang tercinta.

(Mul/Tim-Red)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media