header pta Baru

Assesoir Eksternal PTA Palangka Raya Sambangi PA Pulang Pisau Untuk Lakukan Evaluasi Impelementasi APM

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Pulang Pisau

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 512Posted in Pulang Pisau

Assesor Eksternal PTA Palangka Raya Sambangi PA Pulang Pisau Untuk Lakukan Evaluasi Impelementasi APM

382

Sebagaimana skedul yang sudah ditentukan akhirnya Tim Assesor Eksternal Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya tiba di Kantor Pengadilan Agama Pulang Pisau pada hari Rabu (11/11/2020). Kedatangan mereka disambut dengan pengalungan Kartu identitas Tamu dan diterima dengan riang gembira oleh seluruh Jajaran PA Pulang Pisau dengan 5 S yaitu senyum, sapa, salam, sopan dan santun. Kunjungan ini dalam rangka Evaluasi Implementasi Akreditasi Penjaminan Mutu di Pengadilan Agama Pulang Pisau.

Tim Assesor PTA Palangka Raya yang datang ini terdiri dari Sofyansaleh Efriyono, S.Pd.I., Kepala Sub bagian Rencana Program dan Anggaran bertindak sebagai Lead Assesor, Drs. H. Moklis, Panitera Muda Banding, Rika Yunita Pratiwi, S.T., Kepala Sub Bagian Keuangan dan Pelaporan dan H. Abdul Ghoni Hamid, S.HI., M.HI. Kepala Sub Bagian Kepegawaian dan TI ketiganya selaku pendamping assesor.

Dasar hukum adanya evaluasi ini ialah Surat Direktur Pembinaan Administrasi Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI Nomor 3127/DjA/HM.00/9/2020, tanggal 3 September 2020 tentang Pelaksanaan Asessment Surveillance dan Eksternal Akreditasi Penjaminan Mutu Tahun 2020 yang direvisi dengan surat Nomor 3145/DjA.3/HM.00/9/2020, tanggal 3 September 2020 dan Surat Tugas dari KPTA Palangka Raya Nomor W16-A/1356/Kp.04.6/XI/2020, tanggal 2 November 2020.

382a

Setelah memasuki kantor PA Pulang Pisau Tim Assesor disuguhkan dengan salah satu inovasi PA Pulang Pisau yaitu Aplikasi Pengisian Buku Tamu Eletronik yang dilengkapi dengan kamera tempel (webcam). Kemudian ketika mereka ingin memasuki ruang utama PA Pulang Pisau Tim kembali menemui inovasi PA Pulang Pisau lainnya yaitu Pintu Keamanan Otomatis (Door smart lock). Selanjutnya Tim begitu terpana dengan adanya aplikasi simpletask yang berada di depan ruang sidang PA Pulang Pisau.

Pada evaluasi ini, Tim Assesor melakukan evaluasi pada Risk Register, monitoring resiko, sasaran mutu, monitoring sasaran mutu, implementasi 5R (ringkas, rapi, resik, rawat, rajin), K3 (kebersihan, keindahan dan kenyamanan), 5S (senyum, sapa, salam, sopan dan santun) di PTSP, sarana prasarana, dekorum, survey kepuasan masyarakat, Tindak Lanjut Survey Kepuasan masyarakat, implementasi e court, layanan pojok e court, kecocokan SIPP dengan Berkas Perkara, Penerapan 11 Aplikasi Dirjen Badilag, tindak lanjut kontrak kinerja, Rapat Tinjauan Manajemen, implementasi website dan kecepatan penyampaian produk pengadilan serta yang lainnya.

Dengan kedatangan Tim Assesor eksternal ini KPA Pulang Pisau Erpan, S.H., M.H. berharap PA Pulang Pisau dapat meraih nilai yang sama dengan tahun sebelumnya yaitu A Execelent sehingga jerih payah seluruh Tim selama mengimplementasikan APM dapat terbayar lunas dan berbuah manis sebagaimana yang dicita-citakan bersama.

(Mul/Tim-Red)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media