header pta Baru

Hakim Pengadilan Agama Pulang Pisau Ikuti Pelatihan Online Kepemimpinan Yang Efektif

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Pulang Pisau

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 533Posted in Pulang Pisau

Hakim Pengadilan Agama Pulang Pisau Ikuti Pelatihan Online Kepemimpinan Yang Efektif

342

Pulang Pisau | pa-pulangpisau.go.id

Hakim Pengadilan Agama Pulang Pisau Mulyadi, Lc., M.H.I. mengikuti Pelatihan Online Effective Leadership atau Kepemimpinan Yang Efektif Batch 8 yang diselenggarakan oleh Pusdiklat Manajemen dan Kepemimpinan Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bekerja sama dengan Badan PPM Tahun Anggaran 2020.

Rangkaian pelatihan ini dimulai dari hari Senin (12/10/2020) sampai hari Kamis (15/10/2020) pukul 08.00 WIB hingga 11.00 WIB dan diikuti oleh Para Hakim Tingkat Banding, Hakim Tingkat Pertama, Kepaniteraan dan Kesekretariatan dari berbagai lingkungan peradilan se Indonesia. Adapun pemateri pada pelatihan ini adalah Riza Aryanto, Ratu Eneng Kusumaningrat, Pratiwi Laksana dan lainnya.

342a

Sasaran pada giat ini salah satunya adalah para peserta diharapkan mampu menjelaskan konsep dasar perilaku kepemimpinan efektif, memaparkan perilaku kepemimpinan yang berorientasi pada tugas, mengidentifikasi perilaku kepemimpinan yang berorientasi pada hubungan dengan anggota tim dan menjabarkan perilaku kepemimpinan yang berorientasi pada perubahan.

Dijelaskan pula bahwa tujuan utama perilaku kepemimpinan yang efektif adalah:

  1. Task Oriented yaitu efisiensi tinggi pada sumber daya dan personel serta kehandalan operasi, produk dan layanan yang tinggi
  2. Relations oriented yakni komitmen kuat terhadap unit dan misi kerja, tingkat saling percaya dan kerjasama yang tinggi antara anggota tim
  3. Change orintied yaitu peningkatan inovasi utama, dalam proses, produk dan layanan serta adaptasi terhadap perubahan eksternal.

342b 

Pada pelatihan ini diuraikan pula 3 aspek dalam perbaikan diri yaitu:

  1. Inisiatif yaitu mengambil tindakan untuk meningkatkan diri, tidak menunggu pihak lain dan tidak menyalahkan pihak lain.
  2. Disiplin dengan cara mengontrol diri agar berpegangan pada action plan yang sudah dibuat.
  3. Review berkala dengan metode periksa kembali sejauh mana kita sudah meningkatkan diri.

Adapun perilaku pemimpin efektif dalam mengelola tugas yaitu:

  1. Planning dan organizing yaitu menetapkan sasaran dan cara mencapainya serta menentukan cara menggunakan dan mengalokasikan personel dan sumber daya untuk menyelesaikan tugas secara efisien.
  2. Clarifying roles and task yaitu mengkomunikasikan rencana, kebijakan dan peran yang diharapkan kepada anggota tim serta memastikan bahwa anggota tim mengerti apa yang harus dilakukan, bagaimana melakukannya dan hasil yang diharapkan.
  3. Monitoring operations and performance yaitu mengumpulkan berbagai informasi untuk memeriksa kemajuan dan kualitas pekerjaan serta mengevaluasi kinerja individu dan unit secara obyektif.
  4. Problem solving yaitu mengidentifikasi dan menganalisis masalah secara sitematis untuk menentukan penyebab.

342c

Masih banyak lagi berbagai materi menarik lainnya yang penting untuk dipelajari guna menambah khazanah wawasan dan kompetensi Para Peserta. Dalam pelatihan ini selain mendengarkan materi ada juga sesi tanya jawab, menonton video, memberi komentar, diskusi kelompok, persentase tugas dan lain sebagainya.

Dengan mengikuti pelatihan ini semoga para peserta pada saat nanti menjadi Leader dapat menjadi pemimpin yang efektif, mampu mengelola dan membina bawahan dengan baik serta menjadi role model bagi seluruh jajarannya sehingga pelaksanaan tupoksi di kantor menjadi lebih harmoni, sinergis dan berprestasi.

(Mul/Tim Red)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media