header pta Baru

Hakim PA Pulang Pisau Ikuti Seminar Online Berfikir Kreatif dan Inovatif

Written by Cahyo Widodo, S.Kom on . Posted in Pulang Pisau

Written by Cahyo Widodo, S.Kom on . Hits: 581Posted in Pulang Pisau

Hakim PA Pulang Pisau Ikuti Seminar Online Berfikir Kreatif dan Inovatif

 

D:JurnalismePA Pulang PisauFoto Beritaberfikir kreatif 1.jpg

Pulang Pisau | pa-pulangpisau.go.id

Berfikir secara kreatif dan inovatif sangat dibutuhkan pada masa pandemi covid 19 ini baik dalam bidang ekonomi, sosial budaya dan lainnya. Untuk meningkatkan pengetahuan mengenai teknik berfikir tersebut Hakim PA Pulang Pisau Mulyadi, Lc., M.H.I. mengikuti Seminar Online Berfikir Kreatif dan Inovatif. Pelatihan ini diselenggarakan oleh Pusdiklat Manajemen Kepemimpinan Badan Litbang Diklat Hukum dan Peradilan Mahkamah Agung Republik Indonesia yang bekerja sama dengan Badan PPM Tahun Anggaran 2020 pada dari hari Senin (06/07/2020) diikuti oleh Para Hakim Tingkat Pertama, kepaniteraan dan staf dari berbagai lingkungan peradilan se Indonesia. 

 

Sasaran pada materi ini adalah memahami konsep berfikir kreatif dan inovatif, mengenali hambatan berfikir kreatif dan inovatif serta cara mengatasinya, memahami beberapa teknik berfikir kreatif dan inovatif serta dapat mengenali peluang melalui penerapan teknik berfikir kreatif dan inovatif.

 

Pada kesempatan ini Pemateri Diana Permata Sari menguraikan tentang definisi berfikir adalah aktifitas menggunakan pikiran anda untuk mengembangkan sesuatu. Adapun definisi kreatif adalah menciptakan suatu ide, pendekatan atau konsep baru dalam memecahkan suatu permasalahan, sedangkan definisi inovatif adalah proses dari pengembangan pengetahuan, keterampilan dan pengalaman untuk menciptakan atau memperbaiki proses, produk atau sistem yang memperbaiki nilai tambah.  

 

D:JurnalismePA Pulang PisauFoto Beritaberfikir kreatif 2.jpg

 

Diuraikan pula bahwa ide itu hanya berjumlah 1 % sedangkan 99 % adalah implementasi dalam bentuk action yaitu menciptakan apa yang sebelumnya tidak anda lihat, connection adalah menghubungkan orang dan ide serta deviation yaitu penempaan kombinasi baru. Berfikir kreatif dan inovatif penting dipelajari karena ia diperlukan untuk meningkatkan kemampuan yang dibutuhkan untuk bertahan hidup, untuk meningkatkan kinerja individu dan organisasi, organisasi lebih mampu untuk terbuka terhadap perubahan serta untuk efesiensi dan efektivitas organisasi.

 

Karakteristik orang kreatif dan inovatif adalah emphaty yaitu memiliki kemampuan memahami dan merasakan pengalaman orang lain, organization yaitu kemampuan menyusun rencana aksi dengan tujuan dan tenggat waktu yang jelas, analytical yaitu rasa ingin tahu yang tinggi dan diimbangi dengan kemampuan untuk menganalisis hal yang terjadi sebelumnya, communication yaitu memiliki kemampuan komunikasi verbal dan non verbal yang baik, kemampuan mendengar dan mempertanyakan pertanyaan yang tepat, open mided yaitu memikirkan hal-hal yang belum pernah dipikirkan orang lain sebelumnya dan terbuka dengan pemikiran orang lain, risk taker yaitu memiliki keberanian mengambil resiko dan tidak takut gagal, problem solving yaitu kemampuan untuk memecahkan masalah penting dan memberikan nilai tambah untuk solusinya dan learner yaitu memiliki semangat yang tinggi dan mempelajari kegagalan yang pernah terjadi.

 

Banyak lagi hal-hal menarik lainnya yang disampaikan pemateri, terakhir sebagai closing steatment pemateri menyampaikan bahwa Kreatif bukan bawaan dari lahir, namun bisa dipelajari selama ada kemauan untuk berubah. Kreatif tidak ada maknanya ketika tidak memberi manfaat kepada orang lain, oleh karena itu buatlah kreasi dan inovasi dengan niat tulus ikhlas untuk kemajuan unit kerja maupun lembaga organisasi.

  

(Mul) 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media