header pta Baru

Kultum Oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau Sampaikan Hadits Tentang Ini

Written by TimRedaksi-PAPPS on . Posted in Pulang Pisau

Written by TimRedaksi-PAPPS on . Hits: 346Posted in Pulang Pisau

Kultum Oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau

Sampaikan Hadits Tentang Ini

Selasa, 8 November 2022 bertempat di Mushala Pengadilan Agama Pulang Pisau, dilaksanakan kultum dirangkai dengan kajian kitab rutin yang disampaikan oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau M. Busyra, S.H.I. Kajian ini dilaksanakan ba’da shalat asar berjamaah yang dihadiri oleh para Pegawai Pengadilan Agama Pulang Pisau.

Pada kesempatan tersebut beliau mengajak jamaah yang hadir untuk mengkaji kitab ”اِتْحَافُ الْمُسْلِمِ بِمَا وَرَدَ فِى التَّرْغِيْبِ وَالتَّرْهِيْبِ مِنْ أَحَادِيْثِ اْلبُخَارِيْ وَمُسْلِمِ” yang merupakan kumpulan Hadits Nabawi tentang anjuran-anjuran juga larangan-larangan yang dinukil dari riwayat Imam Bukhari dan Muslim "Ithaful Muslim" karya Syekh Yusuf bin Ismail An Nabhaniy pada bab membaca Al Qur’an. Adapun 2 (dua) hadits yang beliau sampaikan yaitu:

 kultum8nov2022 1

Pada hadits pertama diartikan: “Dari Utsman bin ‘Affan radhiyallahu ‘anhudari Nabi SAW bersabda: Sebaik-baik orang di antara kamu adalah orang yang belajar Al Qur’an dan mengajarkannya. (H.R. Bukhari dan Muslim).” Sementara itu dari hadits kedua diartikan: “Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda: Tidaklah sekelompok orang berkumpul di sebuah rumah dari rumah-rumah Allah (masjid), mereka membaca al-Qur’an serta mengkajinya, kecuali akan turun kepada mereka kedamaian/ ketenangan, rahmat Allah pun akan menyelimuti mereka, malaikat-malaikat akan mengelilingi mereka, dan Allah akan menyebutkan nama mereka di hadapan mahluk-mahluk yang ada di sisi-Nya.” (H.R. Muslim).

kultum8nov2022

Dari 2 (dua) hadits tersebut beliau menyampaikan: “Ada dua amalan yang dapat membuat seorang muslim menjadi yang terbaik di antara saudara-saudara sesama muslim lainnya, yaitu belajar Al-Qur'an dan mengajarkannya. Selain itu, ada 4 (empat) keutamaan yang disebutkan bagi orang yang duduk di rumah Allah (masjid) dan mempelajari kitab Allah yaitu akan meraih ketenangan, akan dinaungi rahmat Allah, malaikat akan mengelilingi majelis ilmu, dan akan disebut oleh Allah disisi makhluk-makhluk mulia. Jika dikaitkan dengan kegiatan mengaji bersama yang sudah dilaksanakan di Pengadilan Agama Pulang Pisau beberapa minggu terakhir, maka kegiatan tersebut sudah mengimplementasikan hadits ini. Semoga kita semua tergolong orang-orang yang senantiasa mempelajari dan mengajarkan Al Qur’an serta mendapatkan rahmat dari Allah SWT,” pungkas beliau.

“C.A.T. (Cepat, Aktual, dan Terpercaya), NF/Timred”      

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media