header pta Baru

Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau Mengikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Written by TimRedaksi-PAPPS on . Posted in Pulang Pisau

Written by TimRedaksi-PAPPS on . Hits: 194Posted in Pulang Pisau

Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau Mengikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

 upacarakesaktianpancasila2022

Pulang Pisau pa-pulangpisau.go.id

Bertempat di halaman kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya pada pukul 08.00 WIB. Ketua Pengadilan Agama Pulang Pisau Erpan, S.H., M.H. dan Sekretaris Pengadilan Agama Pulang Pisau Yondri Harta, S.E.  mengikuti upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2022 yang langsung dipimpin oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya Drs. H. Sudirman S., S.H., M.H. dan diikuti oleh seluruh Aparatur Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya. Berdasarkan surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor : 2189/SEK/HM.01.2/9/2022 tanggal 29 September 2022 perihal Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2022 dengan tema "Bangkit Bergerak Bersama Pancasila".

Hari Sabtu Tanggal 1 Oktober 2022 merupakan Hari Kesaktian Pancasila dimana sebagai wujud dari peneguhan Pancasila sebagai ideologi utama Bangsa Indonesia. Sejarah terbentuknya Hari Kesaktian Pancasila, tidak lepas dari peristiwa pemberontakan gerakan 30 September oleh PKI atau lebih dikenal dengan singkatan G30S/PKI. Karena itu peringatan Hari Kesaktian Pancasila diperingati sehari setelah peringatan G30S/PKI.

upacarakesaktianpancasila2022 1

Dalam pidatonya, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya Drs. H. Sudirman S., S.H., M.H.  menyampaikan dengan hikmat akan peran dan pemaknaan Pancasila dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat Indonesia dimana Pancasila tersebut memiliki makna penting bahwa Pancasila adalah dasar negara yang tidak boleh diubah oleh siapapun. Upacara berlangsung lancar dan khidmat. “Semoga dengan terus diadakannya Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila ini setiap tahun maka dapat dijadikan momentum untuk menumbuhkan rasa nasionalisme dan patriotisme yang cenderung mulai luntur. Nilai-nilai utama dalam butir-butir pancasila bisa dimaknai sebagai semangat untuk membangun kembali jati diri bangsa, ”tutur beliau.

upacarakesaktianpancasila2022 2

Prosesi upacara diawali dengan penghormatan umum kepada Inspektur Upacara kemudian laporan Komandan Upacara kepada Inspektur Upacara, Mengheningkan Cipta yang dipimpin oleh Inspektur Upacara, Pembacaan Teks Pancasila diikuti peserta Upacara, Pembacaan UUD 1945, Pembacaan Naskah Ikrar dan diakhiri pembacaan doa Selanjutnya upacara selesai serta diakhiri dengan foto bersama.

“C.A.T (Cepat, Aktual dan Terpercaya), NV/Timred”

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media