header pta Baru

RAMADHAN SEBAGAI SYAHRUL QUR’AN, SYAHRUL BARKAH DAN SYAHRUL MAGFIROH

Written by Super User on . Posted in Palangka Raya

Written by Super User on . Hits: 1078Posted in Palangka Raya

RAMADHAN SEBAGAI SYAHRUL QUR’AN, SYAHRUL BARKAH DAN SYAHRUL MAGFIROH

ramadhan

Senin (19/4/2021), Tepat Pukul 08.15 WIB Pengadilan Agama Palangka Raya melalui Zoom Meeting melaksanakan Kultum Ramadhan secara virtual yang diikuti oleh seluruh ASN PA Palangka Raya tak terkecuali Para PPNPN PA Palangka Raya. Kultum pada hari ini adalah Kultum Kedua yang disampaikan oleh Hakim PA Palangka Raya Bapak Drs.H.M.Azhari,M.H.I dengan pemandu acara yang handal Bapak Akhmad Rapie berjalan dengan lancar dan para hadirin menyimak dengan seksama materi ceramah yang berkaitan dengan Bulan Ramadhan yang Agung.

Tema kultum Ramadhan kali ini mengusung Kemuliaan Bulan Ramadhan sebagai Syahrul Qur’an Syahrul Barkah wal magfirah.

Ramadhan merupakan syahrul Quran (bulan Al-Quran). Diturunkannya Al-Quran pada bulan Ramadhan menjadi bukti nyata atas kemuliaan dan keutamaan bulan Ramadhan. Allah Swt berfirman yang artinya : “Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan Al-Quran, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan petunjuk tersebut dan pembeda (antara yang benar dan yang batil).” (QS. Al-Baqarah: 185).

Ramadhan begitu mulia karena di bulan ini Al Qur’an diturunkan sebagai pedoman hidup (Way Of Life) bagi kaum yang beriman yang ada keraguan lagi; sehingga kita semua berkewajiban mengimani, Al Qur’an, membaca, mempelajari dan menjadikannya sebagai pedoman dalam segala segi kehidupan, tandas Hakim senior yang lebih akrab dipanggil dengan GURU.

Ramadhan juga dikenal dengan syahrul barkah di mana di bulan ini Allah melipatgandakan segala amal ibadah yang kita perbuat namun sekarang kita sering terlena dengan kecanggihan teknologi seperti Hand Phone karena kita lebih banyak membaca WA ataupun aplikasi lainnya daripada membaca Qur’an dan mempelajarinya sehingga keberkahan di bulan Ramadhan akan kurang kita dapatkan.

Ramadhan juga masyhur dengan bulan magfiroh di mana Allah membuka pintu ampunan seluas-luasnya bagi hambaNya yang bermohon namun kita terkadang mengabaikan waktu yang sangat berharga ini untuk memohon ampunan dan keridhoanNya.

Menutup tausiyahnya Guru berdoa memohon petunjukNya agar kita dapat menggunakan waktu yang sangat berharga ini untuk melakukan amal ibadah dengan harapan semua amal ibadah kita diterima dan kita mendapatkan keridhoan dan rahmat Allah serta tujuan akhir kita peroleh SurgaNya. Amiin.

Kemudian sesi akhir acara, kultum Ramadhan kali ini ditutup dengan lantunan doa oleh Hakim PA Palangka Raya yaitu Bapak H.M.Asyari S.Ag, S.H., M.H. (Umi Nayla)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media