header pta Baru

166. Panitera PA Muara Teweh Sosialisasikan MoU dihadapan Kepala KUA se Kabupaten Barito Utara

Written by Saiful Imran on . Posted in Muara Teweh

Written by Saiful Imran on . Hits: 555Posted in Muara Teweh

166. Panitera PA Muara Teweh Sosialisasikan MoU dihadapan Kepala KUA se Kabupaten Barito Utara

 

Muara Teweh | pa-muarateweh.go.id

Berdasarkan Surat Permohonan dari Kementerian Agama Kabuaten Barito Utara Nomor:1672/Kk.15.2.6/BA.00/09/2021, tanggal 02 September 2021 perihal Permohonan Pemberi Materi Program Akselerasi Pelayanan pada Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Kelembagaan KUA se Kabupaten Barito Utara Lingkup Kementerian Agama Kabupaten Barito Utara Tahun 2021. Rabu (08/09/2021) Ketua Pengadilan Agama Muara Teweh menanggapi dan memenuhi permohonan tesebut dengan menugaskan Panitera Pengadilan Agama Muara Teweh Bapak Muhamad Nor Kifli, SHI dengan didampingi Bapak Memen A Husni, SE untuk memberikan materi pada kegiatan dimaksud.

Dan sehubungan dengan perjanjian kerja sama antara Pengadilan Agama Muara Teweh dengan Kementerian Agama Kabupaten Barito Utara dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Barito Utara, tentang Pelaksanaan Program Akselerasi Pelayanan Instansi Terintegritas  maka materi yang disampaikan pada kesempatan ini yakni Sosialisasi Aplikasi Perubahan Data Administrasi Kependudukan Secara Terpadu dan Responsif (PENDA KETAPI).

Atas dasar Peraturan Mahkamah Agung (PERMA) Nomor 1 Tahun 2015 Tentang Pelayanan Terpadu Sidang Keliling Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama/ Mahkamah Syar’iyah Dalam Rangka Penerbitan Akta Perkawinan, Buku Nikah dan Akta Kelahiran. Maka Aplikasi Penda Ketapi sangat membantu guna memberikan akses dan kemudahan bagi masyarakat dalam upaya perubahan data dan pembaharuan/update data  penduduk (identitas diri). Dan membantu masyarakat untuk memperoleh hak atas dokumen administrasi kependuduan dan/atau perkawinan yang dilakukan secara terpadu dan responsif. Sehingga tercipta penduduk ataupun masyarakat yang tertib dibidang hukum dan administrasi kependudukan.

Bagi masyarakat Kabupaten Barito Utara yang pernah mengajukan Perkara Permohonan ataupun Perkara Gugatan di Pengadilan Agama Muara Teweh, dengan adanya aplikasi Penda Ketapi ini diharapkan dapat membantu dan memudahkan perubahan data dan identitas diri karena aplikasi ini sangat efektif dan efisien. Masyarakat tidak perlu harus bolak balik dari sebuah Intansi Pemerintah ke Insansi Pemerintah lainya yang tentunya menyita cukup banyak waktu. Masyarakat tinggal melaporkan perkaranya dan laporan tersebut telah mendapat verifikasi dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil kabupaten Barito Utara atau dari Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan lingkup Kementerian Agama Kabupaten Barito Utara maka produk yang diharapkan dapat diterbitkan dan diambil (thr)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media