header pta Baru

82. Sholat Berjamaah, Penguat Iman dan Imun

Written by Saiful Imran on . Posted in Muara Teweh

Written by Saiful Imran on . Hits: 514Posted in Muara Teweh

Sholat Berjamaah, Penguat Iman dan Imun

C:\Users\User\Pictures\ww.png

Muara Teweh | pa-muarateweh.go.id

Pada hari Jum’at, tanggal 09 Juli 2021 pukul 14:52 WIB, bertempat di Musholla Al-Mizan Pengadilan Agama Muara Teweh, sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, Muadzin bernama Bpk. Muliawan Edhy Sentosa (PPPK) mengumandangkan suara adzan, menandakan waktu sholat Ashar telah tiba, para pegawai PA Muara Teweh bersegera datang menuju ke Musholla untuk melaksanakan sholat secara berjamaah, kali ini yang menjadi Imam adalah Bpk Saini (Kasubag Perencanaan, IT dan Pelaporan) Pemandangan seperti ini selalu terlihat setiap hari kerja dan semakin memperlihatkan suasana kehidupan yang religius di kantor pengadilan Agama Muara Teweh.

Kegiatan Sholat berjamaah ini menjadi salah satu program utama yang diterapkan oleh Ketua PA Muara Teweh, Abdullah, S.H.I, M.H. Beliau mengharapkan, sebelum istirahat  siang seluruh pegawai bisa melaksanakan sholat Dzuhur secara berjamaah terlebih dahulu. Begitu juga sebelum pulang, para pegawai telah melaksanakan sholat Ashar secara berjamaah di Mushola kantor. 

Shalat yang merupakan salah satu kewajiban umat Islam, selain sebagai tiang agama, shalat juga mempunyai hikmah dapat mencegah diri dari perbuatan keji dan munkar. Shalat yang dilakukan secara berjamaah memiliki banyak keutamaan, salah satunya sebagai sarana penyatuan hati dan fisik (ukhuwah) serta saling mengenal satu sama lain, sehingga akan timbul rasa persaudaraan sesama muslim serta sebagai wahana untuk melatih mental dan kedisiplinan. 

Shalat juga memiliki manfaat untuk meningkatkan imunitas / kesehatan melalui gerakan dan lantunan ayat suci al-Qur’an, Dr Ahmed Al-Qadhi di Klinik Besar Florida, Amerika Serikat, melakukan sebuah riset dan berhasil membuktikan hanya dengan mendengarkan dan membaca ayat suci Alquran mampu menangkal berbagai macam penyakit. Penemuan yang sama juga dilakukan Muhammad Salim yang dipublikasikan oleh Universitas Boston. Keduanya menyatakan bahwa membaca Alquran dengan bersuara akan membuat vibrasi atau getaran yang membuat sel-sel yang sudah rusak pada tubuh akan kembali sembuh dan bekerja dengan baik kembali. Hal ini selaras dengan firman Allah Ta’ala dalam QS Al-Isra :82 : " Dan Kami turunkan dari Al-Qur'an (sesuatu) yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang yang beriman, sedangkan bagi orang yang zalim (Al-Qur'an itu) hanya akan menambah kerugian".  (sdk)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media