header pta Baru

477. “Pelayanan Prima Tanpa Pungli” Roleplay PA Mtw

Written by Memen A. Husni, SE on . Posted in Muara Teweh

Written by Memen A. Husni, SE on . Hits: 109Posted in Muara Teweh

“Pelayanan Prima Tanpa Pungli” Roleplay PA Mtw

 

Muara Teweh|pa-muarateweh.go.id

Selasa, 26 September 2023, Pengadilan Agama Muara Teweh melaksanakan Roleplay mingguan dengan materi tentang penerimaan pengaduan pungli, yang di pimpin oleh Hj. Hayani, S.Ag Panitera Muda Permohonan PA Muara Teweh bertempat di Ruang PTSP (Pelayanan Terbuka Satu Pintu) Lantai I PA Muara Teweh.

Selayaknya sebagai pelayan masyarakat harus melayani dengan setulus hati. Tanpa adanya pilih kasih ataupun mengharapkan imbalan dari masyarakat. Praktek Pungutan liar (pungli) sudah merupakan budaya dimasa sekarang. Pungli sudah bukan lagi rahasia umum, hampir setiap tempat dapat kita temui terutama di lembaga-lembaga pelayanan publik, baik pemerintah maupun non pemerintah dan berlangsung secara terbuka dan transparan tanpa ada perasaan bersalah bagi para pelaku pungli. Semua dilakukannya dengan sadar untuk mendapatkan penghasilan lebih dan memperkaya diri.

 

Demi mengurangi hal tersebut sejumlah sistem pelayanan publik yang telah dilakukan untuk meminimalisir praktik pungli, antara lain penerapan sistem transaksi nontunai dan pembentukan sistem pelayanan terpadu satu pintu (PTSP). Dalam Roleplay Hj. Hayani menegaskan untuk selalu berlaku bersih, adapun jika terjadi pungli dan dilaporkan oleh Masyarakat untuk memberikan frm untu disii pengaduan yang terjadi agar bisa diproses, dan untuk menjelaskan setiap prosedur dan mekanisme dalam pelayanan masyarakat secara jelas. Sehingga masyarakat memahami akan mekanismenya dan mengurangi tindak pungli. (aes)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media