header pta Baru

Peringatan Hari Ibu Kabupaten Gunung Mas “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”

Written by PA Kuala Kurun on . Posted in Kuala Kurun

Written by PA Kuala Kurun on . Hits: 521Posted in Kuala Kurun

Peringatan Hari Ibu Kabupaten Gunung Mas “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju”

 

Kuala Kurun│pa-kualakurun.go.id

Selasa (21/12/2021) Wakil Ketua Pengadilan Agama Kuala kurun menghadiri Peringatan Hari Ibu ke 93 Tahun 2021 dan Sosialisasi Peraturan Daerah Kabupaten Gunung Mas Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Perlindungan Perempuan dan Anak Kabupaten Gunung Mas yang digelar oleh Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Gunung Mas, bertempat di Aula  Gedung Christian Center Kalawa jalan Yos Sudarso Kuala Kurun. Adapun tema yang diusung pada perayaan tahun ini yaitu “Perempuan Berdaya, Indonesia Maju” dengan sub tema “Perempuan Indonesia: Berdaya Untuk Pemulihan Ekonomi Bangsa (Pasca Pandemi Covid-19)”.

Ketua GOW, juga sebagai Wakil Bupati Gunung Mas Efrensia L. P. Umbing menyampaikan sambutan tertulis Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia yang dalam sambutannya mengatakan bahwa kongres perempuan Indonesia pada tanggal 22 Desember 1928 merupakan tonggak sejarah kebangkitan pergerakan kaum perempuan Indonesia.

“Jika kita melihat sejarah, tentunya perjuangan bukanlah hal yang mudah namun perempuan-perempuan Indonesia dengan gagah berani menembus batas-batas sosial, bersuara untuk memperjuangkan hak-hak kaumnya, dan bersama-sama dengan kaum laki-laki, meraih kemerdekaan,” kata Efrensia L.P. Umbing saat menyampaikan sambutan tertulis Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

Ia menjelaskan hingga saat ini, telah banyak kemajuan yang dirasakan oleh perempuan. Maupun kesetaraan ideal yang kita cita-citakan belum tercapai. Budaya patriarki yang telah mengajar selama berabad-abad masih terasa dalam kehidupan masyarakat. Menurutnya, perempuan masih menghadapi berbagai permasalahan yang mengancam kualitas hidupnya. Hal ini kemudian diperparah dengan adanya pandemi Covid-19.

Namun begitu, di tengah terpaan apa pun, perempuan Indonesia merupakan srikandi-srikandi kuat yang mampu melampaui berbagai tantangan yang melingkupi mereka. Begitu pula di masa yang sulit ini, perempuan Indonesia turut hadir di garda terdepan. Di tengah perjuangan menuju pemberdayaan perempuan yang membawa berbagai tantangan, rintangan dan hambatan, ada satu hal yang tidak berubah, yakni perempuan Indonesia tetaplah tangguh, kuat, dan berani dalam menjadi penopang hidup kaumnya. Ia menambahkan dengan jumlah perempuan yang mengisi hampir setengah dari populasi Indonesia, kemajuan perempuan tentunya akan menjadi kemajuan bangsa sehingga perjuangan untuk mencapainya menjadi kewajiban semua pihak.

Sementara itu ketua panitia peringatan Hari Ibu ke-93 Tahun 2021 dan sosialisasi peraturan daerah Kabupaten Gunung Mas nomor 1 Tahun 2021 tentang Perlindungan Perempuan dan Anak, Lili Linda menyampaikan, maksud dan tujuan kegiatan tersebut memaknai kembali sejarah pergerakan kaum perempuan Indonesia di masa lalu yang menjadi kaum perempuan masa kini menjadi motor penggerak keberhasilan.

Bravo PA Kuala Kurun!” (NR - TI)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media