header pta Baru

Mengganas, SIPP PA Kuala Kurun Kembali Menempati Peringkat I Nasional

Written by Rezza on . Posted in Kuala Kurun

Written by Rezza on . Hits: 320Posted in Kuala Kurun

Mengganas, SIPP PA Kuala Kurun Kembali Menempati Peringkat I Nasional

Kuala Kurun│pa-kualakurun.go.id

Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Melalui Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama kembali merilis hasil Rapor Kinerja Penanganan Perkara SIPP Periode IV Juni 2021 pada hari Jumat, 02 Juli 2021. Hal tersebut sesuai dengan Surat Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor: 2094/DJA.3/HM.00/7/2021. Dalam lampiran surat tersebut, dinyatakan bahwa Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas II kembali meraih rangking 1 tingkat Nasional untuk kategori V. Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas II meraih ranking 1 nasional mengungguli sekitar 250 Pengadilan Agama lain di kategori V seluruh wilayah Indonesia dalam implementasi SIPP. Adapun penilaian Ditjen Badilag terdiri dari 3 (tiga) aspek, yaitu waktu putus, waktu minutasi dan bobot upload putusan. Dari 3 (tiga) komponen penilaian itu Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas II mendapat total nilai 100 persen, dengan rincian waktu putus 100 persen, waktu minutasi 100 persen dan bobot upload 100 persen.

Sistem informasi penelusuran perkara (SIPP) sendiri merupakan indikator dalam penyelesaian perkara di pengadilan. Selain itu, SIPP menjadi wadah keterbukaan informasi bagi masyarakat pencari keadilan tentang proses perkara yang diajukannya. Oleh sebab itu, SIPP menjadi sangat penting dalam administrasi perkara dan menjadi bahan pertimbangan bagi pimpinan untuk promosi / mutasi. Untuk lingkungan peradilan agama, Badilag selalu mempublish setiap minggu capaian kinerja SIPP, baik untuk pengadilan tingkat pertama (PA) maupun pengadilan tingkat banding (PTA) seluruh Indonesia. Sehubungan dengan hal tersebut, Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas II  selalu memacu dan mendorong kinerja hakim maupun jajaran kepaniteraan agar proses penyelesaian perkara dapat diselesaikan dengan sebaik - baiknya.

Ditemui Tim Redaksi setelah membaca Surat tersebut, Muchamad Misbachul Anam, S.H.I., M.H. selaku Ketua Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas II mengungkapkan rasa syukur dan bahagianya. “Alhamdulillah, untuk penilaian SIPP Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas II Periode IV bulan Juni 2021 kembali mengganas dengan mencatatkan rekor peringkat tertinggi dan berada di posisi peringkat 1 (satu) dengan nilai 100%”, ujar beliau. Lebih lanjut Ketua PA Kuala Kurun juga mengucapkan terima kasih kepada semua unsur yang telah bekerja dengan baik dan menerapkan SOP tentang penyelesaian perkara. 

“Semoga raihan prestasi ini dapat dipertahankan sepanjang tahun 2021 meupun hingga taun taun selanjutnya. Prestasi yang ditorehkan saat ini tentunya tidak terlepas dari kesungguhan semua elemen yang terlibat dengan penyelesaian perkara di Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas II baik jajaran Hakim maupun Kepaniteraan” pungkasnya.

Bravo PA Kuala Kurun!” (UN– TI)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media