header pta Baru

Ilmu Baru, Pegawai Pengadilan Agama Kuala Kurun Ikuti Sosialisasi Pemadam Kebakaran

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Kuala Kurun

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 504Posted in Kuala Kurun

Ilmu Baru, Pegawai Pengadilan Agama Kuala Kurun Ikuti Sosialisasi Pemadam Kebakaran

 

Kuala Kurun│pa-kualakurun.go.id

Bertempat di halaman Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas II, seluruh aparatur pegawai mengikuti sosialisasi dan simulasi pemadam kebakaran pada Kamis, 01 April 2021 pukul 08:00 WIB. Adanya sosialisasi dan simulasi pemadaman kebakaran bertujuan dalam rangka pengendalian resiko kerja dan agar terciptanya lingkungan kerja yang aman, sehat, efisien, produktif dan siap siaga bencana. Adapun yang bertindak sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut adalah tim Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Gunung Mas. 

Acara dibuka oleh Ketua Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas II Muchamad Misbachul Anam, S.H.I., M.H., kemudian dilanjutkan penyampaian materi tentang cara penggunaan alat pemadam kebakaran yang dilanjutkan dengan praktik langsung memadamkan api dengan alat pemadam api ringan (APAR). Dalam kegiatan tersebut nampak seluruh pegawai antusias dan memperhatian secara antusias apa yang menjadi arahan pembicara dalam menyampaikan materi seputar pemadaman kebakaran diantanya seperti :

  1. Mengidentifikasi sumber-sumber kebakaran, tanggap darurat dan penanganannya.

  2. Melaksanakan pemadaman kebakaran dengan menggunakan prinsip pemadaman api

  3. Mengidentifikasi alat pemadam berdasarkan sumber kebakaran

  4. Mampu menggunakan alat-alat pemadam kebakaran khususnya Alat Pemadam Api Ringan.

  5. Kemudin di Sosialisasikan juga Mengenai apar (Alat Pemadam Kebakaran) dalam Sakala Kecil, dan bagaimana sikap yang harus dilakukan saat terjadinya kebakaran.

Setelah penyampaian materi, Tim Satpol PP memberikan teknik penanganan kebakaran secara langsung, Pegawai dan staff Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas II langsung praktek dalam simulasi memadamkan api menggunakan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) di tempat yang terbuka.

Muchamad Misbachul Anam mengungkapkan pelatihan penggunaan alat pemadam kebakaran dan simulasi adalah pelatihan khusus untuk melatih kecakapan pegawai dan staff Pengadilan Agama Kabupaten Kuala Kurun Kelas II dalam menggunakan alat pemadam kebakaran yang baik dan benar. “Pelatihan ini sangat diperlukan agar pegawai dan staff dapat selalu siap siaga ketika suatu saat terjadi bencana kebakaran di lingkungan kerja. Sehingga dengan diadakanya pelatihan tersebut pegawai atau staff dapat menggunakan alat pemadam kebakaran dengan tepat dan cepat jika sewaktu-waktu terjadi bencana kebakaran di lingkungan kerja,” ungkap beliau. 

Adapun dilaksanakannya kegiatan ini dalam rangka peningkatan mutu dan pelayanan di Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas II dalam rangka persiapan Akreditasi Penjaminan Mutu.

“Bravo PA Kuala Kurun!” (UN– TI)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media