header pta Baru

“Pahlawanku Sepanjang Masa”, Memaknai Kembali Peringatan Hari Pahlawan Ke - 75

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Kuala Kurun

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 448Posted in Kuala Kurun

“Pahlawanku Sepanjang Masa”, Memaknai Kembali Peringatan Hari Pahlawan Ke - 75 

Kuala Kurun│pa-kualakurun.go.id

Kuala Kurun –  Selasa, (10/11/2020) Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas II melaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang diikuti oleh seluruh aparatur pegawai PA Kuala Kurun. Pelaksanaan upacara memperingati Hari Pahlawan yang ke - 75 di Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas menjadi salah satu bentuk nyata dan partisipasi aktif dari seluruh aparatur pegawai sebagai bentuk penghargaan atas jasa para pahlawan. 

Menelisik kebelakang, asal mula setiap tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan karena pada tanggal 10 November 1945 terjadi pertempuran di Surabaya yang merupakan pertempuran besar antara pihak tentara Indonesia dan pasukan Inggris. Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme. 

Banyaknya pejuang yang gugur dan rakyat yang menjadi korban ketika itu serta semangat membara tak kenal menyerah yang ditunjukkan rakyat Surabaya, membuat Inggris menyerah dan membuat kota Surabaya kemudian dikenang sebagai kota pahlawan. Selanjutnya tanggal 10 November diperingati setiap tahunnya sebagai Hari Pahlawan sebagai bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan dan pejuang.

Dengan mengangkat tema Hari Pahlawan Tahun 2020 yaitu “Pahlawanku Sepanjang Masa” diharapkan peringatan Hari Pahlawan tidak sekedar diingat namun lebih dari itu perjuangan dan pengorbanan para pahlawan yang telah mempertaruhkan nyawanya untuk mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia perlu terus dikenang sepanjang masa oleh kita semua. 

Di momentum bersejarah ini, pada peringatan Hari Pahlawan Tahun 2020, sudah sepantasnya memberikan penghormatan dengan menundukan kepala sejenak mengenang jasa – jasa para pahlawan yang telah gugur mendahului kita. Kepada para Pahlawan yang senantisasa memberikan keteladanan, yang rela berkorban dan tulus berjuang serta berusaha untuk kesejahteraan bangsa ini.

Dalam situasi saat ini, dimana Indonesia sedang mengalami pandemi Covid – 19, tak lupa doa terbaik kita panjatkan untuk para pahlawan di garda terdepan kesehatan yang telah mengesampingkan kepentingannya sendiri tetap memberikan pelayanan terbaiknya di tengah pandemi Covid – 19. Semoga wabah pandemi covid – 19 segera berlalu dimana Indonesia dapat melewati ujian yang berat ini sehingga pada akhirnya bangsa ini akan keluar sebagai pemenang melewati ujian Covid - 19. 

“Bravo PA Kuala Kurun!” (UN - TI).

 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media