header pta Baru

PA Kuala Kurun Mengikuti Launching Fitur Upaya Hukum Banding Pada Aplikasi E- Court Mahkamah Agung RI Dan Direktori Putusan V3 Secara Virtual

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Kuala Kurun

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 465Posted in Kuala Kurun

PA Kuala Kurun Mengikuti Launching Fitur Upaya Hukum Banding Pada Aplikasi E- Court Mahkamah Agung RI Dan Direktori Putusan V3 Secara Virtual 

C:UsersASUSPicturesputusan 1.jfif

Kuala Kurun│pa-kualakurun.go.id

Kuala Kurun –   Rabu (19/08/2020) pukul 10.00 WIB bertempat di ruang sidang Pengadilan Agama Kuala Kurun diadakan nonton bersama launching Fitur Upaya Hukum Banding pada Aplikasi E-Court Mahkamah Agung RI yang diselenggarakan langsung dari Command Centre Mahkamah Agung RI secara virtual.

Launching Fitur Upaya Banding tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Mahkamah Agung RI YM. Dr. H.M. Syarifuddin S.H.,M.H. Dalam kata sambutannya beliau menyampaikan: “Kegiatan ini merupakan ikhtiar kita dalam meningkatan pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan. Fitur Upaya Hukum Banding ini merupakan pengembangan tahap lanjut dari Aplikasi E-Court dan E- Litigasi yang sudah berjalan sebelumnya pada seluruh Pengadilan Tingkat Pertama. Fitur ini tidak jauh berbeda dengan sistem upaya hukum banding secara konvensional namun akan lebih terasa manfaatnya karena akan lebih efektif dan efisien serta modern dalam akselerasi percepatan layanan pada Lingkungan Peradilan. Nantinya pendaftaran permohonan perkara banding, Pembayaran Panjar Biaya Perkara dan Inzage, pengiriman berkas dapat dilakukan secara online, “kata Syarifuddin.

Acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada Badan Peradilan yang berkontribusi besar dalam pengimplementasian E- Court dan gugatan sederhana serta Advokaat yang turut serta mendukung implementasi E- Court. Penilaian Penghargaan tersebut mengedepankan aspek kualitas dari pada kuantitas dan jangka waktu penyelesaian perkara. 

Ketua Mahkamah Agung YM. Dr. H.M. Syarifuddin S.H.,M.H.menyampaikan: “Rasa terima kasihnya atas usaha dalam peningkatan layanan lembaga peradilan dalam bentuk E-Court dan E- Litigasi dan gugatan sederhana demi terciptanya Badan Peradilan yang modern berbasis teknologi informasi, “tutur Syarifuddin.

Selain meluncurkan Fitur Upaya Hukum Banding dalam kesempatan tersebut juga dilakukan launching New Direktori Putusan Versi 3. Aplikasi ini merupakan hasil pengembangan dari tim Kepaniteraan Mahkamah Agung RI. Pembaharuan direktori putusan ini mentrasformasikan diri dari pusat data putusan nasional menjadi pusat informasi hukum para Hakim dan Aparatur Peradilan serta masyarakat pencari keadilan.

Dengan direktori putusan Versi 3 tersebut akan memudahkan pengguna mencari yurisprudensi, relstatement, Putusan (landmark) penting, jurnal hukum dan dilengkapi pula dengan berbagai macam fitur seperti search engine, filter, pengklasifikasian serta fitur view dan download. Pembaharuan direktori putusan ini adalah upaya untuk modernisasi wajah peradilan di tanah air sesuai dengan Blue Print Mahkamah Agung 2010 - 2035, Prioritas Pemerintah dan Tuntutan masyarakat. MA RI menyadari pentingnya modernisasi administrasi dan teknis peradilan demi menjamin terciptanya akuntabilitas dalam bentuk keterbukaan informasi kepada masyarakat pencari keadilan. Acara diakhiri dengan diskusi dengan mengangkat tema : “Modernisasi Peradilan Menuju Indonesia Maju.”

“Bravo PA Kuala Kurun!” (NV - TI)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media