header pta Baru

Tampil Prima, Ketua Pengadilan Agama Kuala Kurun Raih Nilai 90 dalam Diklat Menyusun Police Brief

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Posted in Kuala Kurun

Written by ILHAM NINO GARDIOLA on . Hits: 628Posted in Kuala Kurun

Tampil Prima, Ketua Pengadilan Agama Kuala Kurun Raih Nilai 90 dalam Diklat Menyusun Police Brief

Kuala Kurun│pa-kualakurun.go.id

Kuala Kurun - Ketua Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas II, Muhammad Aliyuddin, S.Ag., M.H. telah sukses menyelesaikan pelatihan secara online menyusun police brief. Dimana selama sepekan mengikuti seluruh jalannya rangkaian pelatihan yang dilaksanakan pada tanggal 06 s.d 10 Juli 2020 yang lalu. Keikutsertaan Muhammad Aliyuddin Berdasarkan Surat Badan Litbang Diklat Hukum Dan Peradilan Mahkamah Agung RI Nomor 280/Bld/S/6/2020 Perihal Pemanggilan Peserta Pelatihan Online Menulis Policy Brief  Tahun 2020. Ketua Pengadilan Agama Kuala Kurun Kelas II dalam mengikuti jalannya kegiatan pelatihan tampil prima dimana dengan menyimak,memahami serta mencerna arahan yang disampaikan oleh pemateri maupun dari mentor. Adapaun hasil yang dicapai dalam pelatihan menyusun policy brief kali ini dengan mendapatkan nilai sebesar 90 dalam mengerjakan tugas menyusun policy brief. 

Secara singkat policy brief merupakan ringkasan dari analisis terhadap suatu kebijakan yang ditujukan untuk level penentu kebijakan tertinggi dan bertujuan mengidentifikasi isu-isu tertentu, serta membuat pilihan kebijakan, bukti-bukti baru, dan rekomendasi baru bagi kebijakan yang akan dirancang. Muhammad Aliyuddin mengungkapkan bahwasanya adanya pelatihan menyusun policy brief sangat bermanfaat untuk seluruh peserta dimana salah satu tujuan dilaksanakan pelatihan ini  peserta diharapkan mampu menyakinkan pembuat kebijakan melalui tulisan policy brief yang mudah dipahami. “Selama sepekan seluruh peserta mendapatkan bimbingan dan mentoring oleh mentor – mentor yang telah ditentukan . Untuk saya sendiri dibimbing secara virtual atau online oleh Mentor Kurniawan yang juga selaku Redaktur Pelaksana Internasional Majalah Tempo. Peran mentor disini sangat penting dimana mentor memberi arahan dan masukan disetiap tugas yang diberikan, jadi takala peserta masih merasa ada kendala dalam penyusunan tugas dapat bertanya dan berkonsultasi dengan mentor masing – masing,” ujar Hakim sekaligus Ketua yang mempunyai hobi tenis lapangan ini. 

Dalam pelatihan menyusun policy brief ini setidaknya ada 4 webinar yang disusun untuk diikuti oleh seluruh peserta. Adapun tema webinar yang diangkat yang berkaitan dengan policy brief seperti halnya mendorong kebijakan berbasis bukti, menulis risalah kebijakan dan ringkasan eksekutif serta teknik menulis policy brief bersama mentor. 

 

“Bravo PA Kuala Kurun!” (UN- TI)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media