header pta Baru

Panitera PA Kuala Kurun Menghadiri Undangan Pembukaan Festival Harubuh Manugal Tahun 2024 "Melestarikan Warisan Budaya Daerah" di Kecamatan Tewah

Written by PA Kuala Kurun on . Posted in Kuala Kurun

Written by PA Kuala Kurun on . Hits: 44Posted in Kuala Kurun

Panitera PA Kuala Kurun Menghadiri Undangan Pembukaan Festival Harubuh Manugal Tahun 2024 "Melestarikan Warisan Budaya Daerah" di Kecamatan Tewah

Harubuh Manugal

Kuala Kurun│pa-kualakurun.go.id

Senin, 07 Oktober 2024, Penitera Pengadilan Agama Kuala Kurun Muhammad Basyir, S.H.I. menghadiri kegiatan Harubuh Manugal, Handep Hapakat Menggali Kearifan Lokal Budaya Dayak dengan Tradisi Manugal yang bertempat di Tewah.  Kegiatan tersebut juga dilakukan bersama warga setempat di lokasi lahan atau ladang di Gudang Setengah RT 01 Kelurahan Tewah, Kecamatan Tewah.

Penjabat (Pj) Bupati Gumas, Herson B. Aden, yang diwakili Plt. Asisten II Champili, membuka secara langsung kegiatan Harubuh Manugal dengan dihadiri unsur Forkopimda Gumas, Anggota DPRD Gumas, Kepala Perangkat Daerah, camat, lurah, dan masyarakat Kelurahan Tewah.

Dalam sambutan Pj. Bupati Gumas yang dibacakan Asisten II Setda Gumas Champili mengatakan dengan mengikuti kegiatan Harubuh Manugal, Pemkab Gumas berharap masyarakat khususnya di Kab. Gumas dapat melestarikan kearifan lokal yang berasal dari daerah sendiri sendiri.

“Saya harap masyarakat Gumas dapat melestarikan dan meneruskan kegiatan Harubuh Manugal menjadi event yang berkelanjutan,” ujarnya.

Sementara itu ditempat yang sama, Kepala Dinas Budpar Gumas, Hansli Gonak menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kerjasama dan kebersamaan pemerintah daerah dan masyarakat dalam rangka melestarikan adat budaya dan tradisi.

“Melestarikan adat tradisional masyarakat Dayak Kalimantan Tengah, khususnya Kabupaten Gumas dan memperkenalkan kearifan budaya lokal,” ucapnya.

 

Basmi Pungli, Tolak Gratifikasi, Melayani Sepenuh Hati

Kuala Kurun M.A.N.T.A.P!

 “Bravo PA Kuala Kurun!” (FI - TI)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Tjilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media