header pta Baru

74. PA Kuala Kapuas Mengikuti Rapat Koordinasi Ditjen Badilag Tahun 2021 Melalui Zoom Meeting

Written by Saiful Imran on . Posted in Kuala Kapuas

Written by Saiful Imran on . Hits: 397Posted in Kuala Kapuas

PA Kuala Kapuas Mengikuti Rapat Koordinasi Ditjen Badilag Tahun 2021 Melalui Zoom Meeting

RAKORNAS8

Kuala Kapuas| www.pa-kualakapuas.go.id

Pada Hari Selasa, 02 Maret 2021 pukul 08.30 WIB, Ketua Pengadilan Agama Kuala Kapuas Muhamad Isna Wahyudi, S.H.I., M.S.I., beserta Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris menghadiri acara Pembukaan rapat koordinasi Badilag MARI dan Peluncuran Inovasi Aplikasi, secara virtual di ruang Media Center Pengadilan Agama Kuala Kapuas.

Pembukaan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung dan dilanjutkan dengan pengucapan 8 Nilai Utama Mahkamah Agung (Kemandirian, Integritas, Kejujuran, Akuntabilitas, Responsibilitas, Keterbukaan, Ketidakberpihakan, Perlakuan yang sama di hadapan hukum).

Kemudian dilanjutkan dengan laporan Rapat Koordinasi oleh Dirjen Badilag, Dr. Drs. Aco Nur, S.H., M.H. Rapat koordinasi ini dibuka oleh Ketua Mahkamah Agung RI, Yang Mulia Prof. Dr. Muhammad Syarifuddin, S.H.,M.H., sekaligus melakukan launching 6 Aplikasi Badilag, yakni:

  1. Pusat Data Perkara Peradilan Agama 

  2. Portal Perkara Ekonomi Syariah

  3. Aplikasi PTSP Online Pengadilan Tingkat Banding

  4. Aplikasi Penilaian APM (Akreditasi Penjaminan Mutu)

  5. E-Laporan

  6. Aplikasi Surat Izin Online

Berdasarkan dengan tema Rapat Koordinasi Badilag pada tahun ini yaitu, “Membangun Peradilan Agama Modern Berkelanjutan Menuju Birokrasi Berkelas Dunia”, pada acara pembukaan Rapat Koordinasi ini, Badilag juga mengundang narasumber berkelas dunia dari dalam dan luar negeri, yaitu:

  1. Sri Mulyani Indrawati, S.E., M.Sc., Ph.D. (Menteri Keuangan RI) yang diwakili oleh Askolani, Dirjen Anggaran dengan materi Dukungan terhadap penegakan Hukum Ekonomi Syariah;

  2. YM. Prof Adjuung Datok Setia Dr. Hj Mohd. Naím bin Hj. Mokhtar (Ketua Pengarah/Ketua Hakim Syarie Jabatan Kehakiman Syariah Malaysia) Penerapan Hukum Nafkah Anak Pasca Perceraian di Malaysia;

  3. YM. Judith Ryan (Hakim Agung FcoA di Sydney Australia)Aplikasi gugatan mandiri untuk akses keadilan yang lebih baik. Pengadilan Keluarga Australia dan Pengadilan Agama Indonesia; Menuju Kolaborasi Dua Dekade;

  4. YM. Dr. H. Amran Suadi, S.H.,M.H.,M.M. (Ketua Kamar Agama MA RI) Pembinaan;

  5. Dr. Ahmed bin salem bin Muhammad Al Ameri (rektor Universitas Islam Imam Muhammad bin Saúd Arab Saudi)yang diwakili oleh Syeckh Abdurrahman Al Fawwaz Leisha Lister (Senior Advissor AIPJ 2) Acces to justice di Peradilan Agama di Masa Pandemi Covid-19;

Acara Pembukaan ditutup dengan pembinaan oleh Bapak Direktur Jendral Badan Peradilan Agama yang menguraikan tentang peningkatan kinerja Peradilan Agama dan mengapresiasi penyampaian dari seluruh narasumber yang didominasi dari luar negeri.

RAKORNAS10

Pada hari Rabu tanggal 03 Maret 2021 pukul 11.00 s.d. 12.30 WIB dilaksanakan acara penutupan dengan memberikan penghargaan dan penyerahan sertifikat kepada satuan kerja yang memperoleh prestasi : Penghargaan APM, WBK dan WBBM, SIPP, Konsistensi SIPP, Kinerja Triwulan, dan Penghargaan Eksaminasi. (isn)

 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media