header pta Baru

Amanat Apel, Pembina Berikan Edukasi Bebas Korupsi dan Integritas

Written by VON on . Posted in Kuala Kapuas

Written by VON on . Hits: 66Posted in Kuala Kapuas

Kapuas (15/7) Mengawali pekan ke 3 Juli 2024, seluruh aparatur PA Kuala Kapuas laksanakan rutinitas Apel Senin Pagi yang dilaksanakan di Halaman Gedung Kantor PA Kuala Kapuas. Apel kali ini dipimpin oleh PPNPN, Kukuh Pambudi dan selaku pembina ialah YM. Ahmad Rafuan, S.Sy.,M.H.

Amanat apel kali ini, Pembina mengajak seluruh aparatur untuk senantiasa melakukan aktualisasi diri agar terhindar dari misinformasi dan hoax. Menurutnya, banyak berita Hoax yang beredar di lingkungan Masyarakat berkaitan dengan bussiness process di lingkungan Peradilan.

"terjadi beberapa kali misinformasi yang disebabkan oleh masyarakat mendapatkan sumber informasi yang salah. Oleh karena itu, kita harus berikan edukasi kepada masyarakat, tentu dengan tetap berpedoman pada SOP yang berlaku" tuturnya

Lebih lanjut, Pembina mengutip “Penyuap dan orang yang disuap dimasukkan ke dalam neraka.” (HR. Thabrani).
Ia menyampaikan memaknai perwujudan wilayah bebas dari korupsi itu sendiri merupakan kerja sama internal instansi dan juga masyarakat.

"seminimalnya, dari sisi masyarakat tidak memberikan suap dan dari aparatur juga tidak memungut Uang atau dana yang tidak sesuai dengan perundang-undangan" jelasnya

Lebih lanjut, Pembina juga singgung mengenai implementasi integritas berdasarkan definisinya yang dikutip dari Website KPK. Ia menjelaskan bahwa integritas itu sendiri ialah kesesuaian kesatuan pikiran, ucapan, dan tindakan sesuai norma dan hukum berlaku.

"artinya, bahwa fikiran, ucapan, tindakan aparatur harus berpedoman pada aturan yang telah diberlakukan" jelasnya

"artinya lagi, integritas tidak hanya soal anti suap" tegasnya

Menutup amanat apel, Pembina mengajak seluruh aparatur agar senantiasa melaksanakan tupoksi sesuai dengan peraturan yang berlaku serta menjaga integritas individu maupun instansi. Kegiatan apel kemudian dilanjutkan dengan pembacaan 8 Nilai Utama Mahkamah Agung RI dan ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Fachruji, S.H.

(VON)

 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Tjilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media