header pta Baru

Gerimis Tak Menyurutkan Semangat Warga PTA Palangka Raya Untuk Berkurban

Written by Edi on . Posted in Berita Utama

Written by Edi on . Hits: 976Posted in Berita Utama

Gerimis Tak Menyurutkan Semangat Warga PTA Palangka Raya Untuk Berkurban

kurban 4

Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya, rayakan Hari Raya Idul Adha tanggal 10 Dzulhijjah 1441 H dengan menyembelih 2 (dua) ekor sapi di halaman parkir kantor, Ahad (3/8/2020). Kegiatan ini dihadiri oleh jajaran Ketua, Wakil Ketua, Hakim Tinggi, Pejabat Struktural, Fungsional dan Staf serta Honorer. Adapun yang bertindak sebagai penyembelih hewan kurban pada tahun ini adalah Hakim Tinggi Drs. H. Zulkifli, S.H., M.H. Meskipun disertai dengan hujan gerimis tak menyurutkan warga peradilan tinggi agama Palangka Raya untuk melangsungkan ibadah kurban

 kurban 1

Acara ini dimulai pada jam 06.30 WIB dan selesai mengemas paket kurban pada jam 11.00 pembagian kurban sendiri dilaksanakan pada pukul 12.00 sampai dengan 14.00 WIB Dalam kesempatan tersebut, suasana nampak hangat dan kompak antar sesama pegawai. Bapak-bapak bertugas menyembelih dan membagikan daging hewan kurban kepada yang berhak, sementara Ibu-ibu sibuk mempersiapkan sajian makan siang.

kurban 2

 kurban 3

Ibadah qurban sama halnya dengan ibadah haji, bersifat simbolik. Qurban bukanlah sebuah ritual menumpahkan darah untuk mendapatkan pertolongan Allah melalui kematian makhluk lain. Qurban bagi umat Islam adalah ungkapan terima kasih kepada Allah atas limpahan rezeki dengan cara berbagi makanan berharga kepada mereka yang tidak mampu.

Penyembelihan hewan qurban sebenarnya sudah ada sejak pra-Islam. Bahkan dipraktekkan oleh orang-orang Arab kafir dan juga Yahudi sebagai bentuk persembahan, untuk memperoleh kekayaan dan perlindungan Allah dengan pengorbanan darah.

Islam datang untuk mengubah tradisi tersebut. Penyembelihan qurban bukan untuk mendamaikan Tuhan yang sedang marah atau untuk menebus dosa-dosa sebagaimana yang diyakini umat kristen. Penyembelihan qurban menurut Islam adalah untuk memadamkan ego dan keinginan pribadi kepada Allah.

Seperti diceritakan kisah Nabi Ismail dalam Alquran surat As-Safat ayat 102-107.

"Maka ketika (anak laki-laki) mencapai (usia) sanggup bekerja dengannya, (Ibrahim) berkata: “Wahai anakku! Sesungguhnya saya bermimpi bahwa saya menyembelihmu. Maka pikirkanlah bagaimana pendapatmu?" Dia (Ismail) menjawab: “Wahai Ayahku! Lakukan apa yang diperintahkan (Allah) kepadamu: Insya Allah, Engkau akan menemukanku, termasuk orang yang sabar. Maka ketika keduanya telah berserah diri (kepada Allah), dan dia (Ibrahim) membaringkannya anaknya atas pelisnya (untuk pengorbanan). Lalu kami panggil dia, “wahai Ibrahim! Sungguh engga telah memenuhi mimpi itu! ” Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat benar. Sesungguhnya ini benar-benar ujian yang nyata. Dan Kami tebus anak itu dengan seekor sembelihan yang besar,"

Hal ini menegaskan bahwa dalam Alquran, Allah tidak pernah menyuruh Ibrahim membunuh (mengorbankan) putranya. Hal ini berbeda dengan apa yang disebut dalam Alkitab, bahwa Abraham (Ibrahim as) diperintahkan berqurban dengan membunuh putranya.

Dengan kata lain, implikasi yang mendasari umat Islam dalam berqurban bukanlah pertaubatan darah atau mencari pertolongan dari Allah melalui kematian orang lain, melainkan ungkapan rasa syukur kepada Allah atas rezeki seseorang dan pengorbanan pribadi untuk berbagi harta benda dan makanan berharga mereka dengan sesama manusia.

Pada Kesempatan ini juga Ketua PTA Palangka Raya menyerahkan secara simbolis daging qurban kepada honorer PTA Palangka Raya dan sebagai bentuk ucapan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rizki dan karunia yang lebih pada tahun ini, semoga kegiatan berkurban ini dapat terus dijaga dan dilaksanakan dari tahun ketahun, selain memperkuat silaturahmi antara pegawai juga untuk memupuk rasa cinta kasih terhadap sesame muslim.  

(aamin)

Add comment


Security code
Refresh

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media