header pta Baru

Hakim PA Tamla Ikuti Sosialisasi Penerapan Kriteria Imkanur Rukyah Baru MABIMS Secara Daring

Written by PA Tamiang Layang on . Posted in Tamiang Layang

Written by PA Tamiang Layang on . Hits: 210Posted in Tamiang Layang

Tamiang Layang | pa-tamianglayang.go.id

 

Jumat (17/03/2023) bertempat di ruang Media Center Pengadilan Agama Tamiang Layang, Ketua, Wakil Ketua, dan Hakim Pengadilan Agama Tamiang Layang mengikuti kegiatan Sosialisasi Penerapan Kriteria Imkanur Rukyah Baru MABIMS yang diselenggarkan secara daring melalui zoom meting oleh Direktur Jenderal Pembinaan Administrasi Peradilan Agama

Direktur Pembinaan Administrasi Peradilan Agama yaitu Ibu Dr. Dra. Nur Djannah Syaf, S. H., M. H. dalam sambutan beliau berharap kepada para hakim agar lebih professional dalam ilmu hisab rukyah, sehingga tidak ada lagi ormas yang meremehkan para hakim gara-gara ilmu hisab rukyah yabg kurang menguasai. Oleh karena itu dalam kesempatan ini saya berharap untuk para hakim belajar kembali tentang ilmu hisab rukyah supaya untuk kedepannya tidak ada lagi keluhan dari ormas kepada pengadilan agama dan upaya  mengangkat harkat dan martabat hakim pengadilan agama.

Selanjutnya pemnyampaian materi, materi yang pertama disampaikan oleh Bapak Drs. Wahyu Widiana, M.A., beliau mryampaikan untuk para hakim paling tidak tahu kriteria imkan rukyah, karena dari ilmu kriteria imkan rukyat kita dapat melihat apakah kriteria imkanul rukyat ini bisa diterima atau ditolak. Sedangkan materi yang kedua disampaikan oleh Bapak Mohammad Sapi’i, S. Ag, M. Ag., beliau menyampiakan bagaimana sikap hakim dalam rangka menjalani pada pelaksanaan sidang isbat rukyat hilal. Beradarkan falsafah dan uud, pengadilan agama memberikan sidang isbat rukyatul hilal. Hukumnya faudu ‘ain bagi pengadilan agama ketika dalam wilayah hukumnya ada orang mengaku meihat hilal dan mengajukan permohonan rukyatul hilal, maka hukumnya wajib bagi pengadilan agama  membuka sidang rukyatul hilal.

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media