header pta Baru

LAMPION Edisi Perdana di Bulan Syawal oleh Pengadilan Tinggi Agama Palangkaraya Secara Virtual

on . Posted in Sukamara

on . Hits: 304Posted in Sukamara

LAMPION Edisi Perdana di Bulan Syawal oleh Pengadilan Tinggi Agama Palangkaraya Secara Virtual

 

Sukamara, Jumat (13/05/2022) Pengadilan Agama Sukamara mengikuti kegiatan Pembinaan Online bertajuk LAMPION (Layanan Pembinaan Online) secara virtual bertempat di ruang Media Center Pengadilan Agama Sukamara. Hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua, Hakim, Panitera, Sekretaris, dan Jurusita Pengganti. Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari kegiatan sebelumnya yang sudah pernah dilaksanakan, dimana merupakan inovasi pembinaan secara online yang dilakukan oleh PTA Palangka Raya.

Pada hari ini Bertindak sebagai Pemateri Ketua PTA Palangkaraya, Drs. H. Sudirman, S.H., M.H. materi yang dijelaskan oleh pemateri yakni tentang pengawasan dalam peradilan beserta manajemen pengawasan. Diawali dengan pembukaan oleh moderator pada pukul 14.00 Wib  Lalu dilanjutkan sesi penyampaian materi oleh pemateri mengenai manajemen pengawasan dalam peradilan khususnya di Peradilan Agama.

Dibuka dengan materi pengantar pengawasan oleh KPTA, lalu dilanjutkan materi pengawasan yang dibagi menjadi pengawasan melekat (waskat) dan pengawasan reguler. Pengawasan melekat yaitu pengawasan yang dilakukan oleh pimpinan satuan kerja kepada bawahannya, dalam hal ini berlaku juga pada pengadilan tingkat pertama, tingkat banding, dan tingkat pusat. Kemudian mengenai pengawasan reguler, diantaranya mengenai manajemen peradilan, administrasi perkara, administrasi persidangan, administrasi umum, dan pelayanan publik. Biasanya pengawasan reguler ini dilakukan oleh Hakim Pengawas Bidang (Hawasbid) di tingkat pertama dan Hakim Tinggi Pembina dan Pengawas Daerah (Hatibinwasda).

Pada sesi materi ini seluruh satuan kerja pengadilan agama di wilayah Kalimantan Tengah yang hadir melalui media zoom meeting ini tampak menyimak dan memperhatikan pemaparan demi pemaparan oleh KPTA Palangka Raya yang baru dilantik ini. (red/pa skr/ad)

 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media