header pta Baru

Rapat Koordinasi Pembinaan dan Evaluasi Pengadilan Agama Sukamara Bulan November 2021

on . Posted in Sukamara

on . Hits: 409Posted in Sukamara

Sukamara, Selasa (30/11/2021) Pengadilan Agama Sukamara melaksanakan kegiatan rapat koordinasi, pembinaan dan evaluasi bulan Nopember 2021 bertempat di ruang Sidang Utama Pengadilan Agama Sukamara pagi pukul 09.00 Wib. Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Surat Undangan Ketua PA Sukamara  Nomor W16-A8/875/KP.04/XI/2021 tanggal 29 Nopember 2021 tentang Undangan Rapat Koordinasi, Pembinaan, dan Evaluasi,. Pada kegiatan rapat kali ini dihadiri seluruh jajaran baik pejabat maupun pegawai di lingkungan Pengadilan Agama Sukamara.

Pada rapat yang berlangsung cepat ini dibahas beberapa hal mengenai problematika yang terjadi satker selama periode bulan November tahun 2021. Dibuka oleh Sekretaris PA Sukamara yang bertindak sebagai moderator, Ahmad Mubarrak, S.H.I. lalu dilanjutkan dengan pembinaan oleh Ketua PA Sukamara, Abdul Rahman, S.Ag.. Dalam pembinaannya Ketua PA Sukamara mengungkapkan pentingnya bekerja dengan baik karena pada dasarnya setiap pekerjaan ada nilai ibadahnya, “Jikalau kita melakukan perbuatan baik dalam bekerja, maka ketika ditiru oleh orang lain, maka akan menjadi amal jariyah kita, oleh karena itu bekerjalah dengan baik,” ungkap Ketua PA Sukamara.

Selain itu, Ketua PA Sukamara juga membahas beberapa hal, diantaranya mengenai pelaksanaan diskusi hukum yang akan dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2021 di Sampit, dimana disaat yang bersamaan ada jadwal sidang, sehingga hal ini perlu dikoordinasikan, lalu merambah pada masalah wewenang absolut peradilan agama yang sempat menjadi topiknya adalah perkara yang baru masuk yakni perkara Cerai Gugat. Lalu dibahas pula masalah pelaksanaan tabayun (panggilan delegasi) baik keluar maupun masuk agar lebih dikontrol dan dikendalikan dengan baik, agar tidak terjadi cacat formil yang dalam hal ini panggilan tidak sah.

Pada kesempatan yang sama Wakil Ketua dan Panitera PA Sukamara juga memberikan pembinaan agar selalu aktif dalam mengikuti kegiatan pendidikan dan pelatihan baik yang diadakan oleh Pusdiklat Menpim maupun Pusdiklat Teknis Balitbangdiklatkumdil Mahkamah Agung, karena bisa menjadi sarana untuk menunjang pengetahuan dan pengalaman aparatur di Pengadilan Agama Sukamara. Lalu pada bagian Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) di Pengadilan Agama Sukamara agar selalu mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat termasuk selalu menjaga %RIN di ruangan PTSP agar para pihak pencari keadilan merasa nyaman saat berperkara di Pengadilan Agama Sukamara.

Setelah dilakukan beberapa koordinasi, pembinaan, dan evaluasi dilakukan sesi tanya jawab dan masukan dan saran berkaitan dengan hal- hal yang telah disampaikan oleh pimpinan. Beberapa aparatur tampak memberikan saran mengenai hal- hal yang dibahs sebelumnya untuk dicarikan solusi bersama. (red pa skr/ad)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media