header pta Baru

Ekspose Hasil Binwas PA Sukamara, Tim HATIBINWASDA PTA Palangka Raya Sorot Hal Ini

Written by Hair Rullah on . Posted in Sukamara

Written by Hair Rullah on . Hits: 637Posted in Sukamara

Ekspose Hasil Binwas PA Sukamara, Tim HATIBINWASDA PTA Palangka Raya Sorot Hal Ini

Sukamara, Rabu (03/11/2021) Pengadilan Agama Sukamara telah menjalani proses pembinaan dan pengawasan oleh Tim HATIBINWASDA PTA Palangka Raya periode bulan November 2021 ini. Tibalah saatnya kegiatan ekspose hasil pembinaan dan pengawasan oleh Tim HATIBINWASDA PTA Palangka Raya di hadapan seluruh aparatur Pengadilan Agama Sukamara.

Untuk diketahui, Kegiatan Pembinaan dan Pengawasan oleh Pengadilan Tinggi Agama Palangkaraya ini dilaksanakan berdasarkan Surat Tugas Ketua Pengadilan Tinggi Agama Palangkaraya Nomor W16-A/1535/KP.04.6/X/2021 tanggal 25 Oktober 2021  dimana Pengadilan Agama Sukamara mendapat jadwal Pembinaan dan Pengawasan selama 4 (empat) hari kerja mulai tanggal 1-4 November 2021.

Pembinaan dan Pengawasan dilakukan langsung oleh Drs. Ahmad Nasohah, M.H. selaku Hakim Tinggi (Ketua Tim Binwas), Drs. Anas H. Basri selaku Panitera Pengganti (Anggota Tim Binwas), dan Elwin Purnama, S.H. selaku Analis Kepegawaian PTA Palangka Raya (Sekretaris Tim Binwas). Peninjauan dilakukan di berbagai aspek  Kepaniteraan, Kesekretariatan, dan hal-hal berkaitan dengan Manajemen dan Pelayanan di Pengadilan Agama Sukamara. Secara lebih spesifik, beberapa hal yang diawasi diantaranya Manajemen Peradilan, Administrasi Persidangan dan Uji Petik Perkara, Administrasi Perkara, dan Administrasi Umum.

Ada beberapa hal utama yang disorot oleh Tim HATIBINWASDA PTA Palangka Raya selama melakukan kegiatan pembinaan dan pengawasan yang tertuang dalam Laporan Hasil Pengawasan (LHP), diawali dengan bagian manajemen, dimana yang paling disorot adalah Eksnaminasi Putusan Internal dan Standar Pelayanan ada yang belum optimal dalam pelaksanaannya. Kemudian Administrasi Persidangan dan Uji Petik Perkara, ada beberapa perkara di PA Sukamara antara Putusan/Penetapan dengan Berita Acara Sidang (BAS) tidak sinkron substansinya dan ada beberapa Putusan/Penetapan yang kurang bisa dipahami alur hukum formil dan materiilnya, 

Berikutnya di bagian administrasi umum ada beberapa dokumen SOP (Standard Operational Procedure) pada bagian Kepgawaian dan Ortala yang tidak dicetak dalam bentuk hardcopy hanya softcopy saja, Struktur Organisasi belum diperbarui, dan Laporan Keuangan (Calk) Semester I belum dibuat. 

Dari beberapa hal tersebut Pengadilan Agama Sukamara berharap, hasil pembinaan dan pengawasan oleh Tim HATIBINWASDA PTA Palangka Raya pada bulan November 2021 ini segera ditindaklanjuti dalam bentuk Kontrak Kinerja dan Rencana Tindak Lanjut yang dikonsep dalam bentuk rapat dan koordinasi oleh masing-masing bagian di lingkungan Pengadilan Agama Sukamara. (red pa skr/ca/ad)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media