header pta Baru

“MOMENTUM RAMADHAN UNTUK MENJAGA HATI” TEMA KULTUM KEDUA HARI KESEPULUH RAMADHAN 1442 H DI PA SUKAMARA

Written by Edi on . Posted in Sukamara

Written by Edi on . Hits: 492Posted in Sukamara

“MOMENTUM RAMADHAN UNTUK MENJAGA HATI” TEMA KULTUM KEDUA HARI KESEPULUH RAMADHAN 1442 H DI PA SUKAMARA

Sukamara, Kamis (22/04/2021) Kultum kedua dilaksanakan oleh Pengadilan Agama Sukamara di musholla Pengadilan Agama Sukamara setelah selesai Sholat Dhuhur Berjamaah. Kegiatan kultum pada hari kesepuluh Ramadhan ini bertemakan “Momentum Ramadhan Untuk Menjaga Hati”. Kultum siang ini diisi oleh salah satu Hakim Pengadilan Agama Sukamara Erik Aswandi, S.H.I. 

Dimulai dengan pembukaan oleh pembawa acara lalu masuk pada acara Kultum,

Berikut isi kultumnya oleh YM Erik Aswandi, S.H.I.

Menjaga hati tidak hanya dilakukan secara lahir saja melainkan juga batin. Oleh karena itu, inilah pentingnya menjaga kesehatan sebagai manusia baik secara lahiriah dan batiniah. Dalam sebuah studi kedokteran ada beberapa jenis penyakit hati secara lahir, mulai dari Lever, Hepatitis A,B, dan C, serta berbagai jenis penyakit hati yang bisa dialmi oleh setiap orang secara dzahir.

Dimana kita ketahui, bahwa penyakit hati ini secara dzahir bisa membahayakan nyawa dari penderita yang sakit tersebut,

Nah, bagaimana menjaga dan mengatasi penyakit hati secara dzahir, tentunya dengan makan-makanan dan minum minuman yang sehat bergizi serta menjauhi makanan-minuman yang menggangu kesehatan hati. Pastinya kita semua mendambakan kesehatan hati secara dzahir bukan?

Namun, dalam agama Islam ada hal yang jauh lebih penting selain kesehatan hati secara lahir, yaitu kesehatan hati secara batin pula.

Kesehatan hati batiniah, yaitu menjaga tubuh batiniah kita dengan berbagai jenis penyakit hati yang kerapkali menjalar ke dalam batin manusia, lantas apa saja penyakit hati batiniah tersebut, diantaranya ujub (bangga hati), riya’ (pamer), sombong, bakhil atau kikir, dan hasad atau iri dengki. 

Nah, bagaimana cara mengatasi penyakit hati batiniah ini, sebagai seorang muslim tentunya harus hati-hati dalam menjaga hati jangan sampai kena penyakit hati, karena penyakit hati batiniah ini sangat dibenci oleh Allah SWT, terlebih penyakit hati tersebut adalah penyakit yang berasal dari setan. 

Sebagai umat Muslim yang bertakwa kita harus selalu menghindari penyakit hati tersebut dengan selalu bertakwa kepada Allah SWT dan meyakinkan dalam diri kita bahwa semua hanya milik Allah dan akan kembali kepadanya.

Semoga Kultum singkat ini bermanfaat bagi kita semua. Wallahu’alam bi Shawab. (pa skr/ca/ad)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media