header pta Baru

MELANJUTKAN TRADISI YANG BAIK, MENGAMBIL HAL BARU YANG LEBIH BAIK

Written by Edi on . Posted in Sukamara

Written by Edi on . Hits: 1236Posted in Sukamara

MELANJUTKAN TRADISI YANG BAIK,

MENGAMBIL HAL BARU YANG LEBIH BAIK

 

Bekerjalah untuk duniamu seakan kamu hidup selamanya, dan beribadahlah untuk akhiratmu seakan esok kamu tiada.”

 

Sukamara | PA Sukamara (Kamis, 18/6/2020). Ungkapan populer yang terlontar dari Abdullah bin Amr bin ‘Ash di atas menunjukkan pentingnya sinkronisasi antara kerja dan ibadah. Kerja, seolah memiliki makna ganda yang tak hanya berekses pada hasil duniawi saja, tapi juga bisa berujung pada akhirat.

 

Penyinkronan antara kerja dengan ibadah adalah keniscayaan. Kita tak bisa menafikan pentingnya bekerja, sebab dunia adalah ladang yang memang diciptakan untuk bekerja. Seseorang yang hanya beribadah tanpa didukung usaha, atau seseorang yang hanya bekerja tanpa fondasi ibadah akan mendapati diri dalam keadaan timpang.

 

Singkatnya adalah Bekerjalah untuk Duniamu, Jangan Lupa Akhiratmu !. Artinya kita melakukan pekerjaan sebagai wujud dari kehidupan di dunia, namun kita tidak boleh melupakan kehidupan akhirat.

 

Satu dari dokumentasi Kegiatan Mengaji yang bahkan telah dilaksanakan sejak awal PA Sukamara beroperasi

Nah…, berangkat dari pemahaman di atas maka sedari awal beroperasinya Pengadilan Agama Sukamara yakni sejak akhir tahun 2018 lalu, di lingkungan Pengadilan Agama Sukamara, selain istiqomah melaksanakan shalat dhuhur dan ashar berjama’ah, pun selalu rutin melaksanakan mengaji (membaca) al-Qur’an. Kegiatan membaca 10 ayat 1 hari tersebut, diberlakukan kepada seluruh Aparatur Pengadilan Agama Sukamara, yakni 5 ayat pagi hari dan 5 ayat sore hari.

 

Penggagas sekaligus penanggungjawab keberlangsungan kegiatan mengaji tersebut, yakni M. Arqom Pamulutan, S.Ag., M.A., paham betul bahwa menyertakan akhirat dalam setiap pekerjaan kita, bukanlah merupakan suatu kerugian tapi justru sebaliknya, menguntungkan kita. Sebab dunia kita mendapatkan namun akhirat pun tidak kita tinggalkan.

 

Dan sungguh, bahkan setelah M.Arqom Pamulutan selaku pucuk pimpinan Pengadilan Agama Sukamara mutasi ke Pengadilan Agama Kayuagung Kelas IB pada pertengahan bulan Maret 2020 lalu, kegiatan shalat berjama’ah dan mengaji di atas tetap lestari di bawah pengawasan dan bimbingan Wakil Ketua Pegadilan Agama Sukamara, Abdul Rahman, S.Ag.

 

Bahwa benar selama masa pandemic covid 19 mewabah ini, kegiatan-kegiatan di atas tidak lagi disiplin dalam pelaksanaannya, namun bukan berarti berhenti sama sekali, sebab senyatanya selain shalat berjama’ah tetap kita laksanakan, bahkan beberapa kali kita sempat melaksanakan shalat jum’at berjamah di lingkungan Pengadilan Agama Sukamara.

 

Nah seiring ditetapkannya Kabupaten Sukamara oleh Presiden RI untuk melaksanakan New Normal atau tatanan hidup baru, yang di antaranya membolehkan kegiatan berkumpulnya orang banyak dengan tetap memperhatikan prokoler kesehatan pencegahan covid 19, maka Pengadilan Agama pun perhari Kamis pagi tanggal 11 Juni 2020 kemarin kembali melaksanakan kegiatan Mengaji.

 

“Kamis Mengopi” , begitulah kami mengistilahkannya. Kegiatan yang dimaksudkan untuk melestarikan kegiatan Mengaji tersebut dikemas secara apik. Bertempat di Mushalla, secara berlesehan, kita menyeduh kopi secara bergiliran sambil mencicipi makanan ringan yang telah disediakan baik dari Kantor maupun dari Aparatur yang memang berniat bersedekah pada pagi itu. 

 

Setelah Kopi semunya terseduh dan masing-masing dari Aparatur dipastikan telah menyeruput kopi dari gelasnya masing-masing, maka 5 ayat al-Qur’an pun dibacakan oleh Aparatur yang mendapat giliran membaca, dan sekaligus mengakhiri bacaannya dengan membaca doa untuk kebaikan bersama. Mengaji dan Doa tersebut seolah-olah sebagai Pembuka dan Pengantar kegiatan Kamis Mengopi setiap harinya, sebelum kemudian dilanjutkan dengan pembinaan, evaluasi, tanggapan, usulan, masukan dan apapun itu demi kebaikan dan progresifitas Pengadilan Agama Sukamara. 

 

Pembinaan, evalauasi, tanggapan, usulan dan seterusnya tersebut sungguh disampaikan secara atau dengan obrolan nyantai. Semuanya, baik Pimpinan, Hakim, Panitera, Sekretaris, PNS, Pegawai Honorer ikut nimbrung menyampaikan maupun menyimaknya.

 

 

Dan Kamis pagi hari ini, untuk kedua kalinya Pengadilan Agama Sukamara melaksanakan Kamis Mengopi. Dan pada kesempatan pagi ini kita mengobrol masalah di antaranya terkait Rencana Rapid Test oleh Pemkab Sukamara, Evalausi Pelayanan di Meja PTSP, Persiapan terkait akan adanya pengawasan dan pembinaan dari Pengadilan Tinggi, Monitoring dan Evaluasi Penjaminan Mutu (APM) dan seterusnya.

 

Akhirnya, teriring harapan semoga perbuatan atau kegiatan baik yang selalu diupayakan lestari oleh Pengadilan Agama selama ini berbuah peningkatan kinerja Aparaturnya dan progesifitas Pengadilan Agama Sukamara. Amin (Redaksi)

 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media