header pta Baru

Tempuh Beragam Medan, Jurusita Pengganti PA Sukamara Ceritakan Pengalaman Antar Relaas

on . Posted in Sukamara

on . Hits: 326Posted in Sukamara

Tempuh Beragam Medan, Jurusita Pengganti PA Sukamara Ceritakan Pengalaman Antar Relaas

 

(medan berat yang dilalui oleh Jurusita pengganti PA Sukamara saat melakukan tugas memanggil para pihak)/doc pa skr

Sukamara, Rabu (26/10/2022) Hujan gerimis mengguyur area perkantoran Kabupaten Sukamara. Tim Redaksi PA Sukamara berkesempatan untuk berbincang dengan Jurusita Pengganti Pengadilan Agama Sukamara (PA Sukamara), Jaya Pirgo, S.H.I. yang kebetulan tidak sedang tugas dinas di luar kantor.

Pada hari-hari biasanya, pegawai PA Sukamara ini bertugas untuk mengantarkan surat panggilan (relaas) kepada para pihak yang berdomisili di wilayah hukum PA Sukamara. Penyampaian relaas ini bertujuan agar para pihak memenuhi dan melaksanakan hal-hal yang diminta dan diperintahkan pengadilan. Selain itu, relaas merupakan instrumen vital dalam berkas perkara yang menjadi dasar bagi hakim untuk dapat meneruskan atau tidak meneruskan sebuah pemeriksaan perkara. Tanpa adanya penyampaian relaas, mustahil sebuah perkara dapat diperiksa, diadili, dan diputuskan.

Menurut Jaya Pirgo, penyampaian relaas di wilayah Kabupaten Sukamara cukup menantang dikarenakan beragam medan yang harus ditempuh. Tak hanya soal jarak, namun kondisi jalan rusak dan cuaca yang sukar ditebak juga menjadi tantangan tersediri baginya. Misalnya saja, untuk mengantar relaas di salah satu wilayah radius terjauh seperti Kecamatan Kuala Jelai, pria kelahiran Kerinci ini harus menempuh perjalanan darat dengan kondisi jalan rusak selama 2,5 jam atau 1 jam jika menggunakan speedboat pada jalur air.

 

(lewati banjir dan genangan air saat  Jurusita pengganti PA Sukamara melakukan tugas memanggil para pihak)/doc pa skr

Selain itu, terkadang dia harus menerjang hujan bahkan melewati banjir dan jalan berlumpur demi melaksanakan tugasnya. Meskipun jarang terjadi, Pirgo (begitu sapaannya), juga harus menghadapi pihak Tergugat atau Termohon yang tidak terima diperkarakan. Ia mengungkapkan, bahwa kunci dalam menyampaikan relaas adalah tidak ikut campur permasalahan para pihak dan sopan namun tegas dalam berbicara.

Sudah satu tahun Jaya Pirgo, S.H.I. menjalankan tugasnya sebagai Jurusita Pengganti di PA Sukamara. Semoga selalu dilimpahkan kesehatan agar tetap bisa menyampaikan amanah hingga pelosok-pelosok Sukamara ya! (red paskr/ca/ad)

 

 

 

 

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media