header pta Baru

Pembinaan dan Pengawasan oleh Hatiwasda PTA Palangkaraya Di Pengadilan Agama Sukamara Semester II 2022

on . Posted in Sukamara

on . Hits: 254Posted in Sukamara

Pembinaan dan Pengawasan oleh Hatiwasda PTA Palangkaraya Di Pengadilan Agama Sukamara Semester II 2022

 

(Tim Hatibinwas PTA Palangka Raya setelah ekspose menyerahkan laporan hasil pengawasan kepada Ketua PA Sukamara di ruang sidang utama, Selasa (27/09/2022))/doc pa skr

Sukamara, Selasa (27/09/2022) Pengadilan Agama Sukamara pada akhir bulan September ini kedatangan Tim Hatiwasda PTA Palangka Raya. Kedatangan tim hatiwasda ini dalam rangka kegiatan pembinaan dan pengawasan rutin pengadilan tingkat banding ke pengadilan tingkat pertama. Kegiatan bertajuk pembinaan dan pengawasan oleh hatiwasda ini dilaksanakan berdasarkan Surat Tugas KPTA Palangka Raya Nomor W16-A/1474/KP.04.6/IX/2022 tanggal 20 September 2022 tentang kegiatan pembinaan dan pengawasan di Pengadilan Agama Sukamara oleh Hakim Tinggi Pengawas Daerah Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya.

Hadir dalam kegiatan pembinaan dan pengawasan tersebut, Hatiwasda PTA Palangka Raya, Dr. Mustar, M.H., sebagai ketua tim, Kasubbag Keuangan dan Pelaporan PTA Palangka Raya, Rika Yunita Pratiwi, S.T,. sebagai anggota tim, dan Analisis Perkara Peradilan PTA Palangka Raya, Luberta Dwi Astuti, S.H. sebagai anggota tim. Pagi ini sekita pukul 08.00 Wib tim telah tiba di Kantor Pengadilan Agama Sukamara dan disambut oleh seluruh keluarga besar Pengadilan Agama Sukamara.

Dalam kegiatan pembinaan dan pengawasan ini ada beberapa hal yang akan dibinwas, diantaranya manajemen peradilan, administrasi perkara, administrasi persidangan, administrasi umum, dan kinerja pelayanan publik. Kedatangan tim ini setelah disambut langsung menuju ke ruang Ketua PA Sukamara untuk koordinasi mekanisme pembinaan dan pengawasan. Lalu dilanjutkan dengan kegiatan metode pengawasan yang meliputi pemeriksaan dokumen, wawancara, konfirmasi, observasi, dan pemeriksaan lapangan seperti stock opname dan cek fisik.

 

(Tim Hatibinwas PTA Palangka Raya melakukan ekspose hasil pengawasan di ruang sidang utama, Selasa (27/09/2022))/doc pa skr

Setelah menyelesaikan pembinaan dan pengawasan dan menyusun dokumen laporan pengawasan, Tim Hatiwasda Pengadilan Tinggi Agama Palangkaraya kemudian melaksanakan ekspose hasil pengawasan dan pembinaan di ruang sidang utama Pengadilan Agama Sukamara pukul 14.00 Wib. Kegiatan ekspose ini merupakan bentuk presentasi atas hasil pengawasan tim hatiwasda di Pengadilan Agama Sukamara pada periode Semester II tahun 2022 ini. Kegiatan dibuka oleh Ketua PA Sukamara, Abdul Rahman, S.Ag. yang bertindak pula sebagai moderator acara tersebut. Lalu dilanjutkan oleh Hatiwasda beserta tim untuk mempresentasikan hasil temuan pengawasan.

Diawali dengan presentasi oleh Hatiwasda, Dr. Mustar, M.H., sebagai ketua tim yang menyampaikan terkait manajemen peradilan dan administrasi persidangan, sekaligus menyampaikan hasil uji petik berkas perkara. Dalam penyampaiannya ketua tim menyampaikan beberapa temuan khususnya berkaitan dengan uji petik berkas perkara Harta Bersama dan perkara Cerai Talak. Lalu dilanjutkan penyampaian oleh Rika Yunita Pratiwi, S.T. sebagai anggota tim, dalam penyampaiannya ada beberapa hal yang perlu diperbaiki dan ditindaklanjuti di bagian kesekretariatan termasuk Administrasi Umum dan Pelayanan Publik. Di akhir penyampaian oleh Luberta Dwi Astuti, S.H. sebagai sekretaris tim, yang mengatakan perihal perbaikan dan tindak lanjut beberapa permasalahan di bidang administrasi perkara.

 

(Tim Hatibinwas PTA Palangka Raya beserta keluarga besar PA Sukamara melakukan foto bersama setelah ekspose hasil pengawasan di ruang sidang utama, Selasa (27/09/2022))/doc pa skr

Setelah cukup penyampaian oleh tim binwas PTA Palangka Raya, lalu dilanjutkan dengan penutupan oleh Ketua PA Sukamara dan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pengawasan oleh Tim Binwas dan pimpinan Pengadilan Agama Sukamara. Lalu dilanjutkan dengan foto bersama serta penyerahan laporan hasil pengawasan kepada PA Sukamara untuk ditindaklanjuti. (red pa skr/ad)

Hubungi Kami

Kantor Pengadilan Tinggi Agama Palangka Raya

Jl. Cilik Riwut Km. 4.5 (73112) Palangka Raya 73112 Telp (0536) 3222837 Fax (0536) 3231746

Tautan ke Situs Sosial Media